SPBE, KUNCI EFISIENKAN DAN EFEKTIFKAN KINERJA PEMERINTAH DALAM MELAYANI PUBLIK

0
261

Nias Selatan-Diskominfo, Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, SH.,MH menghadiri Kegiatan Digital Government Award Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit Tahun 2023 dengan Tema Sinergi Untuk Indonesia Maju yang diselenggarakan oleh Kementrian PANRB RI di Kempinski Grand Ballroom Jalan M.H. Thamrin No. 1, Jakarta Pusat, (Senin 20 Maret 2023).

Mengawali sambutannya Menteri PANRB RI Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwaPenerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menjadi kunci utama untuk mengefisienkan dan mengefektifkan kinerja pemerintah dalam melayani publik, meskipun pemerintahan digital menjadi kunci, bukan berarti semua instansi pemerintah berlomba untuk membuatkan aplikasi.

Bapak Presiden Jokowi,telah memberi arahan untuk mewujudkan pelayanan digital yang mudah dan ringkas dan meminta semua instansi tidak lagi bikin aplikasi. Untuk konsolidasi layanan digital kedepan berbasis pada data kependudukan. Masyarakat bisa mengakses ke semua pelayanan hanya lewat satu akun saja, tidak perlu banyak akun dan tak perlu unduh banyak aplikasi, sehingga hemat waktu dan hemat kuota internet. Dengan basis data kependudukan Atas dukungan Menteri Dalam Negeri, cukup masuk lewat NIK, dan semua data bisa muncul.

Lebih lanjut Azwar Anas menegaskan bahwa kedepan dengan SPBE, memastikan bahwa seluruh layanan digital pemerintah dapat terpadu menjadi satu platform aplikasi digital nasional dengan mengintegrasikan seluruh pelayanan instansi ke dalam satu aplikasi yaitu portal Pelayanan Publik Terpadu.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here