Wabup Firman Giawa Monitoring Langsung Ketersediaan Bahan Pangan Di Pasar Teluk Dalam

0
116

Nias Selatan, Diskominfo – Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, SH.,MH bersama perwakilan Forkopimda dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melakukan monitoring langsung terhadap harga dan ketersediaan bahan pangan kepada beberapa pedagang di Kecamatan Teluk Dalam untuk penanggulangan dampak inflasi, Selasa (13/12/2022).

Wabup Firman Giawa mengatakan berdasarkan hasil survei yang dilaksanakan dimana ketersediaan kebutuhan bahan pokok masih normal saat menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 serta harga masih relatif stabil,dan bila ada kenaikan harga hanya sedikit dikarenakan kenaikan harga BBM. Sedangkan survei bersama kepada salahsatu agen beras dimana penambahan pasokan kebutuhan beras dalam seminggu mencapai 45 ton.

Dari hasil pemantuan harga dan ketersedian bahan pokok dalam pengendalian infalsi daerah Kabupaten Nias Selata, Wabup Firman Giawa berpesan kepada TPID supaya melaporkan ditingkat pemerintah pusat dan provinsi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan F. Martin Loy, SE.,M.M menyampaikan bahwa dari pemantauan harga rata-rata kebutuhan pokok, seperti komoditi beras premium dengan harga Rp. 13.000 per-Kg dan medium Rp. 12.000 per-Kg.

Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah, Ohiziduhu Telaumbanua menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melalui TPID telah melaksanakan 6 (enam) langkah dalam pengendalian inflasi daerah sehinggga perkembangan indeks harga konsumen/inflasi pada bulan November 2022 sebesar 3,87%.(Timliputanpkp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here