Wabup Firman Giawa Ingatkan Waspadai Covid-19 Omicron XBB Jelang Nataru

0
402

Nias Selatan, Diskominfo – Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, SH.,MH mengingatkan kepada Camat, Kepala Puskesmas dan para utusan dari kecamatan yaitu Kepala SD, SMP, SMA/SMK serta Kepala Desa supaya mewaspadai Covid-19 varian Omicron subvarian XBB saat arus balik menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 di wilayahnya. Hal ini disampaikan Wabup Firman Giawa pada sosialisasi perketatan kepatuhan protokol kesehatan bertempat di Walo Green Hall, Jumat (9/12/2022).

Dalam arahan Wabup Firman Giawa mengatakan bahwa melalui sosialisasi ini diharapkan kepada peserta agar apa paparan yang disampaikan narasumber supaya dilaksanakan di wilayahnya untuk menghimbau masyarakat supaya mewaspadai varian XBB dan mamatuhi protokol kesehatan serta diaktifkan kembali posko dipintu masuk perbatasan dan pelabuhan yang ada di Nias Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan, dr Henny Kurniawan Duha, M.M menyampaikan Covid-19 varian Omicron subvarian XBB mengalami lonjakan kasus di Singapura dan telah terdeteksi di Indonesia dengan kasus kepada seorang perempuan berumur 29 tahun yang baru kembali dari Lombok, Nusa Tenggara Barat yang dinyatakan positif pada 26 September 2022 dan telah sembuh tanggal 3 Oktober 2022. Adapun gejala XBB ini yaitu batuk, pilek, demam dan cepat menular sehingga diharapkan bila ada warga mengalami gejala tersebut supaya segera swab antigen dan tetap patuh pada prokes serta melakukan vaksin.

Usia acara pembukaan dilanjutkan pemaparan materi tentang perketatan kepatuhan protokol kesehatan oleh dr. Sumardiani Yusrah Fau dengan moderator Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Yeni Christina Mendrofa, SKM. (Timliputanpkp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here