YUSTINA REPI BUKA WADAH PELATIHAN TENUN KHAS NIAS SELATAN

0
49

Nias Selatan – Diskominfo ; Yustina Repi menjadi Pioneer dalam melahirkan penenun khas Nias Selatan. Keinginan untuk mewujudkan tempat pelatihan khusus bagi penenun Khas Nias Selatan, telah lama diimpikan oleh beliau yang sehari-harinya bertugas sebagai anggota DPRD Nias Selatan aktip, dimana saat ini di Nias Selatan sangat sulit untuk menemukan asli tenunan khas Nias Selatan, oleh karenanya saya terpanggil dengan inisiatif sendiri untuk menyiapkan wadah belajar tenun bagi masyarakat Nias Selatan ,” kata Yustina saat ditemui di Stand Baluse Galery, Sorake Nias Selatan (Rabu, 13/09/2023).

Lebih lanjut, Yustina Repi menyampaikan bahwa tujuan pelatihan ini adalah untuk melahirkan pengrajin-pengrajin tenun khas Nias Selatan , sehingga dengan demikian akan menambah daftar hasil karya dan cendera mata dari Nias Selatan, serta bertambahnya lapangan kerja yang menjadi sumber pendapatan bagi penenun. Adapun hasil pelatihan tenun secara gratis yang telah dikerjakan selama ini oleh TP. PKK Kecamatan Telukdalam , Lauahagundre Maniamolo, dan Fanayama, dengan bahan tenun, peralatan dan pelatih khusus yang didatangkan dari Medan dengan inisiatif dan modal yang disediakan Ibu Yustina Repi, telah dipasarkan oleh TP. PKK Nias Selatan di Stand Baluse Galery , Sorake Nias Selatan. Program belajar tenun inipun akan tetap dilanjutkan usai kegiatan Nias Pro 2023 di Kantor TP. PKK Nias Selatan, dan para peminat bisa membeli hasil tenunannya di Pasar Amerika, Jl. Diponegoro Kecamatan Telukdalam.

Menurut penuturan Eniati Ndruru salah seorang yang baru belajar tenun khas Nias Selatan, menyampaikan rasa senang dan berterima kasih bisa belajar tenun secara gratis melalui ide brilian dan kepedulian ibu Yustina Repi. Dengan adanya pelatihan ini, maka ada harapan untuk buka usaha tenun dan memiliki penghasilan sendiri kedepan, saat ini aja beberapa pengunjung Nias pro berdatangan membeli hasil tenun dan beberapa dari luar Nias Selatan juga memesan ,” kata Eniati Ndruru yang ditemui di stand Baluse Galery, Nias Pro 2023. Timliputanpkp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here