Wakil Bupati Pimpin Upacara Hardiknas 2023 di Kabupaten Nias Selatan

0
367

Nias Selatan, Diskominfo,- Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 diperingati di Kabupaten Nias Selatan dengan melaksanakan upacara bendera dan perayaan yang dipusatkan di Lapangan Orurusa Teluk Dalam pada hari Selasa (02/05/2023).

Pada upacara bendera, Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, SH., MH bertindak sebagai Inspektur upacara dan Pistis Laia, S.Pd (guru SMPN 2 Toma) sebagai komandan Upacara. Sedangkan paduan suara/penggerek bendera dari SMAN 1 Teluk Dalam dan Pembaca Pembukaan UUD 1945 Tarimae Ziraluo, S.Pd (Kasek SMPN 4 Fanayama). Peserta upacara adalah Siswa-siswi dari SD, SMP, SMA, dan SMK dari sekolah yang ada di sekitar kota Teluk Dalam.

Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI yang dibacakan oleh Wakil Bupati menyampaikan bahwa kita bersama-sama telah membuat sejarah baru yaitu gerakan Merdeka belajar dan Merdeka Mengajar dengan kehadiran Kurikulum Merdeka. Sebanyak 24 episode Merdeka belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat. Inovasi ini juga diterapkan di jenjang perguruan tinggi dengan hadirnya program-program kampus Merdeka.

Di sela Upacara, dilakukan pemberian penghargaan dari berbagai kategori kepada bapak/ibu guru berprestasi atas nama: Dwi Suryani Gea, S.Pd (Kasek PAUD Simandraolo O’o’u), Melvin Zai (Kasek TK Kalvari Teluk Dalam), Yuliana Giawa, S.Pd (Kasek SDN 077311 Hilimegai), Odaligo Duha, S.Pd (Kasek SDN 074071 Bawodobara), Aluizaro Laia, S.Pd (Kasek SDN 078491 Hiliwaebu Ulunoyo), Fridawati Maduwu, S.Pd (Kasek SMPN 1 Teluk Dalam), Yulina Laia, S.Pd (Kasek SMPN 1 Mazo), Tradisi Dachi, S.Pd (Kasek SMPN 2 Amandraya) dan Fanolo Giawa, S.Pd (Kasek SDN 078559 Hilimbowo).

Usai Upacara, dilanjutkan dengan perayaan dengan menampilkan berbagai atraksi, perlombaan dan undian. Suguhan atraksi antara lain: penampilan Marching Band dan Tari Rato Jaroe Aceh dari SMPN 1 Teluk Dalam, Tari Söu Bagoa dari SMPN 4 Fanayama, dan tari kreasi Tor-tor. Pada sesi perlombaan, bapak/ibu guru dan para ibu kadis tampil melakukan parade dalam balutan pakaian adat dan pakaian kreasi dari berbagai daerah di Nusantara.

Tampak hadir dimimbar kehormatan Sekretaris Daerah Ir. Ikhtiar Duha, MM, Forkopimda atau mewakili, staf ahli, asisten, kepala OPD, perwakilan bank, dan tamu undangan lainnya. (Timliputanpkp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here