Wakil Bupati Nisel Buka Secara Resmi Bakti Sosial IBI Bangga Kencanakes

0
675

NIAS SELATAN, Diskominfo – Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa,SH.,MH., membuka secara resmi pelayanan Bakti Sosial Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bangga Kencana Kesehatan (Kencanakes) Kabupaten Nias Selatan (Nisel), Provinsi Sumatera Utara, Tahun 2022, di Aula UPTD Puskesmas Lolowau, Kamis (24/02).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Kabupaten Nisel, Ny. Katarina Firman Giawa, Plt. Kepala Dinas P2KBP3A, Deniria Gulo,S.Pd., Kepala Bidang KB sekaligus Ketua PC IBI Nisel, Theresia Duha,SKM.,S.Tr.Keb., dan jajarannya, Camat, Kepala UPTD Puskesmas se-Wilayah Dapil 3 (tiga), Danramil 10/Lolowau, Kapten Suru A.N. Hutapea, mewakili Kapolsek Lolowau dan Kepala Desa se-Kecamatan Lolowau.

Melalui arahan Wakil Bupati Nisel, menegaskan dalam rangka percepatan pencapaian indikator program Bangga Kencana Kesehatan tahun ini diharapkan kerja sama dari semua unsur terkait, terutama tenaga kesehatan (bidan dan penyuluh KB), serta meminta dukungan dari Camat dan Kepala Desa untuk memberikan pemahaman dan menghimbau warganya terutama Pasangan Usia Subur (PUS) untuk ikut program KB.

“Bakti Sosial ini adalah Program Nasional yang harus diberhasilkan. Sehingga diharapkan seluruh penyuluh KB setiap Kecamatan agar lebih aktif lagi dan diminta tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas, Camat, Kepala Desa dan jajarannya harus saling koordinasi dan komunikasi dalam pelaksanaan tugas-tugas di lapangan, sehingga kendala-kendala yang dihadapi dapat terselesaikan dengan baik, tanpa ego sektoral,” tandas Firman Giawa.

Ny. Katarina Firman Giawa selaku Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Kabupaten Nisel menyambut baik pelaksanaan Bakti Sosial IBI Bangga Kencana Kesehatan, sehingga mengajak ibu-ibu untuk ikut program KB dan meminta perhatian semua pihak terutama Kepala Desa untuk mendukung pencegahan dan penanggulangan stunting di desanya masing-masing, karena keluarga sejahtera adalah impian kita bersama.

“kami meminta para tenaga medis dan penyuluh KB agar terus memberi pelayanan terbaik, tulus dan ikhlas untuk melayani masyarakat tanpa memandang latar balakang. Sebab, pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat merupakan salah satu ibadah kita yang sesungguhnya, sehingga akan menjadi berkat bagi yang dilayani maupun bagi pelayan itu sendiri,” ujar Ny. Katarina Firman Giawa yang sangat luwes dan bersahaja itu, sembari mengatakan Pengurus TP PKK Kabupaten Nisel siap mendukung program untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Sementara itu, Kepala Bidang KB Dinas P2KBP3A sekaligus Ketua PC IBI Kabupaten Nisel, Theresia Duha,SKM.,S.Tr.Keb., menyampaikan tujuan kegiatan Bakti Sosial Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bangga Kencana Kesehatan adalah untuk meningkatkan pelayanan Alokon bagi Pasangan Usia Subur, untuk meningkatkan pencapaian peserta KB aktif dan peserta KB baru serta menurunkan unmeet need yang meliputi pasangan ingin anak tunda atau tidak ingin anak lagi dan menurukan angka dropout KB.

Theresia Duha menyebutkan pelaksanaan Bakti Sosial Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bangga Kencana Kesehatan mencakup seluruh Kecamatan se-Kabupaten Nias Selatan dan telah dimulai di delapan Kecamatan yakni: Lolowau, Lolomatua, Huruna, Hilisalawa’ahe, Hilimegai, Ulunoyo, Onohazumba dan O’o,u.

Untuk mengoptimalkan program tersebut, pada hari itu juga dimulai dengan pelayanan KB Gratis kepada ibu-ibu di UPTD Puskesmas Lolowau. Kegiatan itu dapat terlaksana atas kerja sama yang baik antara Dinas Pengendalian Penduduk KB dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A), Dinas Kesehatan dalam hal ini UPTD Puskesmas Lolowau dan Pengurus Cabang IBI Kabupaten Nisel.

Selanjutnya, Wakil Bupati Nias Selatan bersama Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Kabupaten Nisel, Ny. Katarina Firman Giawa bergerak untuk memantau kesiapan pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas O’o’u. Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Firman Giawa menyempatkan waktu untuk memberi pemahaman kepada Kepala UPTD Puskesmas O’o’u dan jajarannya terutama dalam pelaksanaan tugas-tugas untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Arahan tersebut disambut baik dan akan ditindaklanjuti oleh Kepala UPTD Puskesmas O’o’u, Nurhartati Waruwu serta akan didukung oleh Camat O’o’u, Ricaman Halawa. (timliputanpkpdiskominfonisel).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here