Pemkab Nisel Rakor Latgulben bersama TNI AL dan POLRI

0
277

NIAS SELATAN, Diskominfo – Bupati Nias Selatan diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Fataloza Giawa, SH , MH, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) bersama TNI POLRI tentang pelaksanaan Latihan Penanggulangan Bencana (Latgulben) di Pangkalan TNI Angkatan Laut Nias, Rabu (23/02/2022).

Rakor tersebut dipimpin oleh Palaksa, Mayor Laut (P) Ahmad Fauzi dan di dampingi Pasi Intel Mayor Laut (P) Ismail Hamid membahas tentang pelaksanaan Latgulben berdasarkan telegram Kasal Nomor 009/SPOT/0222 pada triwulan kedua jajaran Koarmada I pada bulan April 2022 dan Telegram Pangkoarmada I tentang petunjuk pelaksanaan Latgulben Lanal Nias.

Adapun tujuan Latgulben ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kesiapan komponen Pangkalan Angkatan Laut Nias dan Profesionalisme Prajurit dalam menghadapi dan mengantisipasi ancaman bencana alam serta mampu menciptakan sistem yang terkoordinasi dengan instansi lain seperti peran PT. PLN (Listrik) dan Jaringan Komunikasi (Diskominfo) serta instansi lain yang terkait.

Mayor Laut (P) Ahmad Fauzi mengatakan bahwa Latgulben ini bukan hanya untuk bencana Gempa yang menimbulkan Tsunami, melainkan berguna untuk seluruh jenis bencana alam seperti Banjir, Tanah Longsor , kebakaran dan lainnya. Sehingga diperlukan Latgulben tersebut untuk menempatkan anggota terlatih pada masing-masing desa yang ada di Kabupaten Nias Selatan.

Termasuk memberikan tanda jalur evakuasi di masing-masing desa untuk antisipasi dini, dan penyediaan  kendaraan Ambulance untuk tanggap darurat serta ketersediaan fasilitas tempat kesehatan untuk perawatan korban bencana.

Fataloza Giawa, SH , MH, menambahkan agar Latgulben ini juga dapat  melibatkan masyarakat yang ada di kepulauan terpencil terutama dalam pemberian informasi ke Pemerintah Daerah Kabupaten guna dapat memberikan cepat tanggap darurat bila terjadinya bencana alam.

Upacara pembukaan Latgulben ini rencana dilaksanakan pada minggu keempat April 2022 di Mako Lanal Nias dengan pembelajaran yang dilatih bagi para peserta tentang manajemen penanggulangan bencana yang terdiri dari Pencegahan, Mitigasi, Kesiapsiagaan, Tanggap Darurat dan Pemulihan.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas BPBAD, Plt. Kasat Pol PP, Camat Telukdalam, Perwakilan Polres Nias Selatan, Perwakilan Kepala Dinas Perhubungan, dan Undangan lainnya. (timliputandiskominfonisel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here