PANGDAM I BUKIT BARISAN TINJAU LAHAN KODIM NIAS SELATAN

0
87

NIAS SELATAN, Diskominfo – Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Hasanuddin,S.I.P.,M.M., melakukan kunjungan ke sejumlah tempat di antaranya meninjau lahan Kodim Nias Selatan daerah Alo’oa Desa Orahili Fau dan melihat secara langsung Desa Bawomataluo sebagai desa cagar budaya nasional, Rabu (02/09).

Saat Pangdam tiba di Koramil 12 Teluk Dalam sekitar pukul 15.00 WIB disambut oleh Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., Wakil Bupati, Firman Giawa,SH.,MH., Wakil Ketua DPRD, Fa’atulo Sarumaha,S.IP.,MM., Danlanal Nias, Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo, Kapolres, AKBP Reinhard Habonaran Nainggolan,SH.,S.I.K.,MM., dan Sekretaris Daerah, Ir. Ikhtiar Duha,MM., dan para Kepala Perangkat Daerah di lingkungan pemerintah Kabupaten Nias Selatan.

Hasil peninjauan pada lahan Kodim Nias Selatan, Pangdam I Bukit Barisan, mengatakan secara umum tidak ada kendala, namun mengenai lahannya masih ada yang perlu didiskusikan bersama. “Secara umum tidak ada kendala, namun lahan masih dalam diskusi kita. Kalau lahannya sudah memungkinkan, maka pembentukan Kodim tersebut akan segera diprogramkan,” ujar Mayjen TNI Hasanuddin kepada sejumlah media di halaman Desa Bawomataluo.

Sementara itu, dalam kunjangan Pangdam I Bukit Barisan di Desa Bawomataluo, mengungkapkan rasa bangga dan tersanjung atas sambutan pemerintah daerah dan tokoh masyarakat. “Terima kasih atas sambutan dan respect warga masyarakat dimana selama ini saya hanya mendengar melalui cerita orang dan membaca melalui buku, namun hari ini saya bisa sampai di tanah leluhur yang masih asli,” ujar Mayjen TNI Hasanuddin.

Dengan sudah menyaksikan keunikan desa cagar budaya tersebut, Mayjen TNI Hasanuddin mengharapkan masyarakat agar tetap menjaga dan melestarikan dengan baik, sehingga akan terus menjadi warisan ke generasi berikutnya. “Melihat keunikan desa cagar budaya Bawomataluo, harapan saya semua dalam lindungan Tuhan dan mudah-mudahan kita semuanya selalu menjadi yang terbaik,” harap

Mayjen TNI Hasanuddin.

Selain itu, Pangdam I Bukit Barisan mengingatkan seluruh masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan untuk memutus dan menghindari penyebaran Covid-19. Dan hal senada juga disampaikan kepada seluruh rombongan agar menjaga diri masing-masing. Pangdam Mayjen TNI Hasanuddin saat disambut di Desa Bawomataluo menerima cenderamata dalam bentuk pakaian adat raja (bangsawan) yang diserahkan oleh Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha., didampingi Tokoh Adat dan Kepala Desa Bawomataluo, Teruna Wau.

Dalam sambutan Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha mengucapkan selamat datang, dan terima kasih atas kunjungan Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Hasanuddin,S.I.P.,M.M., di Kabupaten Nias Selatan, dan terkhusus di Desa Bawomataluo sebagai desa cagar budaya nasional, dengan budaya yang paling terkemuka adalah lompat batu, rumah adat terbesar, dan budaya lainnya yang masih terus dilestarikan.

Selain berkunjung di Koramil 12 Teluk Dalam, Mayjen TNI Hasanuddin juga berkunjung di Mapolres Nias Selatan. Kemudian meninjau lahan Kodim Nias Selatan, dan melihat desa cagar budaya Bawomataluo, serta berkunjung di Lanal Nias Baloho Indah Teluk Dalam. Selanjutnya, malamnya sekitar pukul 20.00 WIB menghadiri acara ramah-tamah di aula Rumah Dinas Bupati Nias Selatan, Jalan Pancasila No. 1 Teluk Dalam.

Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Hassanudin,S.I.P., M.M., saat kunjungan kerja di Nias Selatan didampingi oleh Danrem 023/KS Kolonel Inf Febriel B Sikumbang,S.H.,M.M., Asops Kasdam I/BB Kolonel Inf Kristomei Sianturi, Aster Kasdam I/BB Kolonel Inf Susanto Lastua Manurung, Dandim 0213/Nias Letkol Inf Martky Jaya Perangin-Angin, Danden Intel Kodam I/BB Letkol Inf Evid Nirwana E,S.H., Kasiintel Korem 023/KS Mayor Inf Budhy Suradi, Kapenrem 023/KS Mayor Arh Keles Sinaga. (timliputandiskominfonisel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here