BUNDA PAUD NIAS SELATAN ; HILANGKAN TEST CALISTUNG PADA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SEKOLAH DASAR.

0
1125

Nias Selatan, Diskominfo,- Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Bunda PAUD Nias Selatan Meiske Yustina Repi bersama Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) dan Ikatan Guru Taman-Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Nias Selatan, selenggarakan Acara Lomba tingkat PAUD dan TKK sekaligus Sosialisasi Transisi PAUD ke Sekolah Dasar Yang Menyenangkan di Titik Temu Cafe & Resto Jl. Baloho Indah Teluk Dalam (Kamis, 01/06/2023).

Melalui Sosialisasi yang disampaikan oleh Bunda PAUD Nias Selatan Meiske Yustina Repi, menekankan bahwa Program Transisi PAUD ke Sekolah Dasar (SD) Yang Menyenangkan perlu dan wajib untuk diterapkan, dimana menurut Kemendikbud RI, ada 3 (tiga) target perubahan transisi yang menyenangkan, yakni ; Menghilangkan Test CALISTUNG pada proses penerimaan peserta didik baru pada pendidikan dasar (SD/Mi), Menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik selama dua minggu pertama, dan menerapkan pembelajaran fondasi anak yang dibangun secara kontinue, dari Paud hingga kelas dua pada pendidikan dasar.

Melalui moment peringatan Hari Lahirnya Pancasila Tahun 2023, beliau
berpesan agar kecintaan terhadap Pancasila harus ditanamkan kepada anak-anak sejak usia dini sehingga berakar kuat dalam diri anak tersebut. Diakhir sosialisasi tersebut beliau menyempatkan untuk membagikan Booklet penguatan transisi PAUD ke Sekolah Dasar yang menyenangkan kepada orangtua.

Acara selanjutnya, pelaksanaan lomba yang terdiri dari 2 jenis yaitu ; Lomba menyanyikan lagu Garuda Pancasila untuk Siswa TKK (Paud Formal) dan lomba melafalkan Kelima Sila Pancasila untuk siswa KB dan Satuan Paud Sejenis (PAUD Non Formal). Pada perlombaan melafalkan Pancasila, kejuaraan diraih oleh Keysa Aneila Hulu (Sebagai Juara 1/PAUD Baluse Kec.Teluk Dalam), Celendane Somangsirah Zebua (Sebagai Juara 2/PAUD Nafiri Kasih Kec. Maniamolo), Carlisa Wau (Sebagai Juara 3/PAUD Kenangan Kec. Aramo). Sedangkan juara untuk lomba menyanyikan lagu Garuda Pancasila yaitu: Tiara Permata Kasih Lase (Sebagai Juara 1/TKK Hilimbowo Kec. Idanotae), Aulia Jeslin Satofona (Sebagai Juara 2/TKK Hiliofonaluo Kec. Fanayama) dan Irene Ien Nazpa Giawa (Sebagai Juara 3/TKK Tuhoowo Kec. Hilimegai).

Selain daripada kegiatan lomba, juga diisi dengan penyampaian cerita dongeng oleh Kabid Paud dan PNF Pieter Buulolo, S.Sos,.M.A.P, Tari kreasi/dance dari siswa PAUD/TKK dan kuis berhadiah untuk siswa PAUD/TKK,

Acara ini terselenggara atas kerjasama Himpaudi dan IGTKI, beserta dukungan Owner Titik Temu Kafe dan Resto, yang turut dihadiri oleh Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Nias Selatan Ny. Katarina Firman Giawa, Ketua DWP Kabupaten Nias Selatan Ny. Martina Ikhtiar Duha, Kadis Pendidikan Nias Selatan Nurhayati Telaumbanua, S.Pd, MM, Kadis Kesehatan Nias Selatan dr. Henny Kurniawan Duha, MM, Kadis P2KBP3A Nias Selatan Suasti Elizabeth Duha, S.Kep.Nurs, M.KM, Ketua Himpaudi Vita Trinilai Sarumaha, SE, Owner Titik Temu Cafe & Resto Dian Kosasih, Sekdin/kabid/staf Dinas Pendidikan, kepala sekolah/guru PAUD/TKK dan orang tua siswa.
(Timliputanpkp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here