BUPATI NIAS SELATAN HADIRI PERESMIAN KAMPUNG BAHARI NASIONAL OLEH WAKIL PRESIDEN

0
310

Nias Selatan, Diskominfo,- Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin meresmikan 68 Kampung Bahari Nasional (KBN) dari Satuan Komando Kewilayahan (Satkorwil) binaan TNI-AL yang dipusatkan di Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu DKI Jakarta. Kampung Bahari Desa Lagundri Kecamatan Luahagundre Maniamolo yang merupakan binaan Satkorwil Lanal Nias termasuk salah satu KBN yang diresmikan Wapres hari ini dan disaksikan secara daring oleh Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH dan Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Jerry Henry Manuhutu, M. Tr. Hanla.,CRMP di halaman Kantor Camat Luahagundre Maniamolo (Senin, 15/05/2023).

Sambutan Wakil Presiden dalam acara tersebut menyampaikan bahwa Indonesia yang merupakan negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia diikuti dengan produksi perikanan terbesar kedua di dunia yang membanggakan ironi dengan masyarakat pesisir belum sejahtera, oleh karena itu gagasan Kampung Bahari dari TNI AL dipandang sangat vital yang terbagi dalam 5 klaster yaitu edukasi (pendidikan), ekonomi, kesehatan, pariwisata dan pertahanan untuk menyelesaikan masalah kemiskinan di daerah pesisir. Program Kampung Bahari sesuai dengan paradigma baru dimana pembangunan pedesaan menuju kedigdayaan pencapaian target pembangunan berkelanjutan dan merubah paradigma subsidi menjadi investasi masa depan. Wapres menegaskan bahwa pemeliharaan ekosistem maritim dan pesisir perlu perhatian serius karena telah mengalami degradasi akibat perubahan iklim dan perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab.

Di lokasi Kampung Bahari Desa Lagundri, Bupati Nias Selatan dan Komandan Lanal Nias meresmikan Rumah Pintar (kategori Klaster Pendidikan) yang berfungsi nantinya sebagai perpustakaan dan tempat belajar anak. Sedangkan untuk kategori Klaster Kesehatan yang dikoordinir oleh dr. Muhammad Agung dari Lanal Nias bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Luahagundre Maniamolo dan ibu-ibu dari Jalasenastri melakukan pemberian makanan tambahan/vitamin, pengukuran tinggi badan, dan pengukuran berat badan kepada anak yang terindikasi mengalami kekurangan gizi kronis. Selain itu, Bupati dan Danlanal melakukan penandatanganan prasasti, penyerahan bantuan buku dan bantuan laptop kepada Lisibarasi Zagoto sebagai penanggungjawab Rumah Pintar.

Turut menghadiri peresmian di lokasi Kampung Bahari Lagundri Pasintel Mayor Laut (P) Ismail Hamid, Dandenpom Mayor Laut (PM) Arisman, Kadis Budparpora Nisel Anggreani Dachi, SP., M.Si, Kadis Perikanan dan Kelautan Seksama Sarumaha, S.IP, Kadis Kesehatan dr. Henny Kurniawan Duha, MM, Kasatpol PP dan Linmas Dionisius Wau, SE., M.M, Kapolsek Teluk Dalam AKP.Dedi Yansyahputra Ginting, SH, MH, Danramil Lolowau Kapten ARH San Hutapea, Camat Luahagundre Maniamolo Relivan I. Dachi, ST, kepala UPTD Puskesmas Luahagundre Maniamolo Septi Oktavia Br. Aritonang, SKM, Kabid PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Piter Buulolo, S.Sos, M.A.P, Kepala Desa, dan masyarakat.(Timliputanpkp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here