WABUP NIAS SELATAN KUKUHKAN PENGURUS KSB LUAHAGUNDRE MANIAMOLO

0
520

Nias Selatan, Diskominfo,- Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, SH., MH hari ini kukuhkan 60 orang Pengurus Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Luahagundre Maniamolo di halaman Kantor Camat Luahagundre Maniamolo (Jumat, 12/05/2023).

Terbentuknya Kampung Siaga Bencana (KSB) Luahagundre Maniamolo difasilitasi oleh Kementerian Sosial RI dengan bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Nias Selatan, dan pada kesempatan itu menerima bantuan berupa kelengkapan alat kesiapsiagaan bencana senilai 78.689.680.- dari Kemensos RI. Sebelum pelaksanaan pengukuhan, kegiatan persiapan dan sosialisasi telah dilakukan sejak tanggal 10 Mei 2023.

Menurut Kadis Sosial Sisofonada Duha, S.Pd, MM, bahwa pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai resiko bencana, meningkatkan ketrampilan masyarakat dalam melakukan kegiatan pengurangan resiko bencana, meningkatkan pengetahuan pengurus KSB di bidang manajemen penanggulangan bencana, meningkatkan kemampuan KSB dan masyarakat dalam melakukan kesiapsiagaan penanggulangan bencana dan untuk sinkronisasi program dan kegiatan penanggulangan bencana antara Kementerian Sosial dengan lembaga lainnya.

Dalam arahannya Wakil Bupati menyampaikan kepada Pengurus KSB Luahagundre Maniamolo agar materi pelatihan yang telah diterima dan diajarkan agar dapat diimplentasikan untuk membantu korban terkena bencana apalagi mengingat daerah kita merupakan daerah rawan bencana. Kepada setiap pengurus KSB yang baru dikukuhkan, harus mengorbankan 3 hal demi keberhasilan kelompok yaitu: tenaga, waktu dan materi. Diakhir arahannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial dan semua pihak yang terlibat sehingga pembentukan KSB ini berjalan dengan sukses, dan untuk kelanjutan pembentukan KSB berikutnya terutama di kepulauan diminta Kadis Sosial tetap berkoordinasi dengan kementerian.

Pernyataan Camat Luahagundre Maniamolo Relivan Ifadayazaro Dachi, ST bahwa dengan pembentukan KSB ini maka personil KSB siap siaga setiap saat untuk melakukan penanggulangan bencana di wilayah Kab. Nias Selatan, siap bekerjasama dengan pihak manapun dan membantu dengan sukarela untuk penanggulangan bencana dan menjunjung tinggi azas kebersamaan, gotong royong dan rasa kesetiakawanan sosial dalam penanggulangan bencana.

Turut hadir menyaksikan pengukuhan tersebut Eka Darmayanto S. E (Koordinator TAGANA Sumut), Roberto Koibur (Pekerja Sosial Ahli Pertama Kementerian Sosial), kepala OPD atau mewakili, Kapus, kepala desa dan masyarakat. (Timliputanpkp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here