PEMERINTAH KABUPATEN NIAS SELATAN RAIH PREDIKAT “WTP” UNTUK PERTAMA KALINYA

0
1065

NIAS SELATAN-Diskominfo, Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH bersama Wakil Bupati Firman Giawa., SH., MH menghadiri acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2022 – Audited di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Jalan Imam Bonjol Medan, (Senin 08/5/ 2023).

Serah terima LKPD Audited Pemerintah Kabupaten Nias Selatan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Utara Eydu Oktain Panjaitan kepada Bupati Nias Selatan yang didampingi oleh Wakil Bupati dan Ketua DPRD Nias Selatan.

Eydu Panjaitan menjelaskan bahwa pemeriksaan laporan keuangan bertujuan untuk memberikan Opini yang merupakan pernyataan profesional pemeriksa atas kewajaran penyajian laporan keuangan berdasarkan kesesuaian penyajian dengan standar akuntasi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, efektifitas sistem pengendalian intern, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Berdasarkan responsifnya Pemerintah Kabupaten Nias Selatan dalam menindaklanjuti baik permasalahan tahun 2022 maupun atas permasalahan keuangan tahun sebelumnya maka BPK mencatat sudah tidak ada lagi permasalahan signifikan yang mempengaruhi kewajaran laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2022. Untuk itu BPK memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bagi Pemerintah Kabupaten Nias Selatan,” Ucap Eydu Panjaitan

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha menyampaikan ucapan terima kasih atas Opini WTP tersebut.

“Saya tadi mendengar bahwa kami mendapatkan WTP. Keberhasilan meraih Opini WTP ini bukan hanya semata-mata karena kemampuan kami tetapi juga karena dukungan dari tim dan semua pegawai BPK RI Perwakilan Sumatera Utara yang senantiasa memberikan nasihat sehingga kami bisa mendapatkan hasil WTP sekarang”, ujar Hilarius Duha.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Nias Selatan menyampaikan apresiasi atas Opini WTP yang berhasil diraih oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan. Hal ini merupakan buah dari kerja keras yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan di bawah kepemimpinan Bupati Nias Selatan Hilarius Duha dan Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa.

“Saya harus mengatakan dengan jujur bahwa kalimat terakhir yang disampaikan oleh Bapak Kepala perwakilan BPK menggetarkan hati saya, akhirnya WTP. Ini mimpi yang didambakan dimana malam ini kita mendapat WTP. Atas nama DPRD Nias Selatan, kami sampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada Bapak Bupati, Wakil Bupati, dan Sekda serta Kepala OPD dan jajaran staf yang selama ini telah berpikir keras memperbaiki berbagai kekurangan terkait tata kelola di Pemerintah Kabupaten Nias Selatan,” ucap Ketua DPRD Nias Selatan, Elisati Halawa, ST.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan Ir. Ikhtiar Duha, M.M, Inspektur Kabupaten Nias Selatan Amsarno Sarumaha, SH.,MH, Kepala BPKAD Kabupaten Nias Selatan Aferili Harita, SE.,M.A., Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nias Selatan Anarota Ndruru, SP., M.AP., Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Nias Selatan Ermanjaya Buulolo, SST, Kabid Aset BPKAD Agus Yursen Laia, Kabid Anggaran Serius Gulo, Kabid Akuntansi Yaatulo Warae, Kasubbid Pelaporan dan Belanja Erwin Buulolo, dan Staf BPKAD Helpin Hondro
(Timliputanpkp).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here