SOSIALISASI PENCALONAN BAKAL CALON ANGGOTA DPRD PEMILU TAHUN 2024

0
3413

Nias Selatan, Diskominfo – Ketua KPU Kabupaten Nias Selatan Repa Duha membuka Sosialisasi Tata cara Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD dan Penggunaan Aplikasi SILON DPRD Pada Pemilihan Umum Tahun 2024, bertempat di Wallo Green Teluk dalam (Rabu, 19/4/ 2023)

Dalam sambutannya Repa Duha menyampaikan bahwa sosialisasi perlu dilaksanakan karena KPU akan mulai memasuki tahapan Pencalonan Anggota DPRD Kabupaten/Kota pada tanggal 24 April 2023. Program kegiatan tahapan akan diawali dengan pengumuman Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD pada tanggal 24 – 30 April 2023, dan dilanjutkan dengan Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten/Kota pada tanggal 1 – 14 Mei 2023.

Oleh sebab itu partai politik peserta Pemilu tahun 2024 perlu mengetahui bagaimana tata cara dan persyaratan pengajuan bakal calon anggota DPRD Kabupaten/Kota. Repa Duha juga menyampaikan sehubungan dengan penggunaan sistem informasi berbasis web (Sistem Informasi Pencalonan/SILON) yang digunakan oleh KPU dalam tahapan pencalonan anggota DPRD Kabupaten/Kota. Oleh sebab itu selain menyiapkan syarat-syarat pencalonan bakal calon anggota DPRD, partai politik juga perlu menyiapkan admin dan operator SILON parpol.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Meidanariang Hulu, yang terdiri dari timeline tahapan Pencalonan Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten/Kota, Persyaratan dan administrasi bakal calon beserta dokumen persyaratan pengajuannya, Tata cara pengajuan bakal calon, Daftar Calon Sementara (DCS), dan Daftar Calon Tetap (DCT). Di penghujung materi sosialisasi diperkenalkan penggunaan aplikasi SILON kepada partai politik oleh admin SILON KPU Kabupaten Nias Selatan.

Dalam kesempatan ini juga KPU Kabupaten Nias Selatan menyampaikan tahapan dan jadwal pencalonan DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota.

Turut hadir Anggota KPU Nias Selatan Eksodi Makarius Dakhi, Edward Duha, Meidanariang Hulu, Sekretaris KPU Kabupaten Nias Selatan Hubertus Manao, Plt. Kadis Kominfo Kabupaten Nias Selatan Ridho Aeska A. Fau, SSTP.,MAP , Kaban Kesbangpol Nias Selatan Fanotona Laia, SH.,M.Kn, Pimpinan /mewakili Partai Politik ; Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, (PDI Perjuangan), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Demokrat (PD), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Buruh. (Timliputpkp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here