Dinas TKKUKM Kab. Nias Selatan Laksanakan Pelatihan Koperasi

0
345

Nias Selatan, Diskominfo,- Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi Usaha Kecil Menengah (TKKUKM) melaksanakan pelatihan pendidikan dan perkoperasian bagi koperasi wilayah keanggotaan dalam daerah Kab. Nias Selatan bertempat di Hotel Yonas Teluk Dalam (Senin, 03/04/2023).

Laporan Panitia Pelaksana Kegiatan yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas TKKUKM Venus Zamili, S.Pd bahwa pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan mutu pelayanan pengurus, pengawas serta anggota koperasi di wilayah Kab. Nias Selatan, sehingga kedepan ilmu dan pengetahuan tentang perkoperasian semakin berkembang dan dapat direalisasikan dalam pelayanan setiap hari. Menurutnya sumber anggaran kegiatan ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik PK2UMK Tahun 2023.

Sekretaris Daerah Ir. Ikhtiar Duha, M.M yang hadir membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa koperasi merupakan sokoguru perekonomian negara, jika dikelola dengan baik maka koperasi dapat menjadi satu organisasi yang melindungi, mensejahterakan, dan menyediakan kebutuhan anggotanya. Sekda menganjurkan agar pengelola koperasi dapat mengajukan pinjaman ke bank untuk menambah modal koperasinya dan bagi peminjam agar jangan menggunakan uang pinjamannya untuk keperluan konsumtif (misalnya: beli Handphone) tapi digunakan untuk modal usaha sehingga pengembaliannya dapat berjalan secara rutin.

Menurut Kabid kelembagaan dan pengawasan Dinas TKKUKM Mision Laia, SE., M.A bahwa kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 03 s.d 06 April 2023 dengan pesertanya adalah pelaku koperasi binaan Dinas TKKUKM dari wilayah keanggotaan dalam daerah Kab. Nias Selatan sebanyak 52 orang dengan narasumbernya Kadis TKKUKM Tandrasökhi Halawa, M.Pd dan Arfan Nao Zamili.(Timliputanpkp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here