MUSRENBANG RKPD TAHUN 2024 KABUPATEN NIAS SELATAN TERLAKSANA SUKSES

0
510

Nias Selatan, Diskominfo,- Dalam rangka menyepakati dan menyelaraskan prioritas pembangunan daerah yang bersumber dari penetapan usulan pembangunan hasil Musrenbang Kecamatan, Pemerintah Daerah Kab. Nias Selatan melaksanakan Musrenbang RKPD Tahun 2024 tingkat Kabupaten bertempat di Kantor Bappeda (Jumat, 17/03/2023).

Sambutan dari Ketua DPRD Kab. Nias Selatan Elisati Halawa, ST menyampaikan bahwa terkait Tema Musrenbang yaitu Mewujudkan Sumber Daya Manusia Nias Selatan Yang Sehat, Cerdas dan Berdaya Saing maka sekarang ini banyak putra-putri Nias Selatan yang berprestasi di berbagai bidang dan lebih khusus dalam bidang Olahraga, perlu diperhatikan pembinaannya oleh pemerintah daerah termasuk penyediaan fasilitas penunjang.

Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Jerry H Manuhutu, M. Tr. Hanla, CRMP menyampaikan sambutan mewakili Forkopimda bahwa semangat musrenbang ini perlu dimaknai untuk lebih menyelaraskan prioritas pembangunan. “Forkopimda ikut mendukung pemerintah daerah meningkatkan SDM dan pembangunan di Kab. Nias Selatan” tegas Danlanal. Untuk mewujudkan itu beliau mengajak seluruh komponen daerah untuk bersama-sama memperjuangkannya dan bersatu untuk memberantas peredaran narkoba yang melemahkan generasi muda.

Sambutan Gubsu yang disampaikan oleh Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provsu Zumri Sulthony, M.Si bahwa tujuan dan prioritas pembangunan Provsu yaitu: peningkatan kualitas SDM dan sosial kemasyarakatan, peningkatan ekonomi inklusif, peningkatan kualitas pembangunan infrastruktur, peningkatan tata kelola pemerintah yang berkualitas dan inovatif. Beliau berharap pemkab Nias Selatan dapat mensinkronkan tujuan dan prioritas ini ke dalam RKPD Kabupaten Nias Selatan termasuk gagasan presiden tentang pengendalian inflasi, penurunan angka kemiskinan ekstrim, penanganan stunting, peningkatan iklim investasi, penggunaan produk dalam negeri dan terjaminnya stabilitas politik dan keamanan dalam negeri menuju Pemilu Serentak Tahun 2024.

Bupati Nias.Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH yang menyampaikan arahan sekaligus membuka pelaksanaan kegiatan ini menyampaikan bahwa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat maka perlu mendapatkan dan mencari peluang di berbagai sektor dengan menggali potensi yang ada di daerah. Permasalahan pembangunan dan peningkatan SDM yang ada umumnya terdapat di desa perlu dicari solusinya melalui musrenbang ini dengan menghadirkan para kepala desa. Bupati berharap agar pedoman yang telah ditetapkan dalam pelaksanaan musrenbang agar dipahami dan digunakan dalam penyusunan RKPD Kab. Nias Selatan

Salah satu usul disampaikan oleh Plt. Kadis Kominfo Ridho Aeska A. Fau, SSTP, MAP terkait digitalisasi di sektor ekonomi seperti UMKM dan Perdagangan serta penerapan SPBE yang di mulai dari pelaksanaan Satu Data Indonesia. Hal ini sudah harus dilakukan karena perkembangan era digital merupakan salah satu faktor penunjang timbulnya kemiskinan ekstrim jika tidak dapat diikuti. Diharapkan pada penyusunan RKPD yang akan datang dapat terakomodir.

Pemaparan terkait ruang lingkup pembangunan dan kondisi yang ada disampaikan oleh mewakili BPS Nias Selatan, Bappeda Provsu. Pemaparan Kepala Bappeda Kab. Nias Selatan Abdiel Sonasa Amazihono, S.STP, M.Ec.Div bahwa kenaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), indeks SAKIP dan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah akan berefek menunjang kenaikan penerimaan DAU. Menurut Kepala Bappeda dari 551 usulan pembangunan yang masuk, yang diterima dalam RKPD Tahun 2024 sebanyak 345 usulan dan yang ditolak sebanyak 206 usulan termasuk 68 usulan yang beririsan dengan POKIR DPRD.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Bappeda Provsu, kepala instansi vertikal, perwakilan bank, Forkopimda, anggota DPRD, Staf Ahli, Asisten, kepala OPD, camat, tokoh masyarakat dan pers serta disiarkan secara live streaming oleh RRI Nias Selatan.(Timliputanpkp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here