Nias Selatan Laksanakan Pelatihan Siskeudes Tahun 2023

0
1030

Nias Selatan, Diskominfo,- Pemerintah Kab. Nias Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD ) melaksanakan pelatihan Sistim Keuangan Desa (Siskeudes) berbasis online dan offline Tahun 2023.

Menurut panitia kegiatan yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas PMD Idha Liniar Maduwu, SH bahwa Siskeudes merupakan aplikasi alat bantu pemerintah desa berguna untuk memudahkan perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018. Pelatihan ini perdana dan satu-satunya di Kepulauan Nias dilaksanakan dalam 2 versi, yaitu pertama dari tanggal 23 Februari s.d 04 Maret 2023 dilaksanakan secara offline diikuti oleh 309 desa yang belum terjangkau jaringan internet. Sedangkan, dari tanggal 06 s.d 16 Maret 2023 dilaksanakan secara online diikuti 150 desa.

Sekretaris Daerah Ir. Ikhtiar Duha, MM yang membuka acara tersebut, menyampaikan arahan Bupati Nias Selatan bahwa dalam era digitalisasi saat ini Kepala Desa dan Kaur Keuangan wajib belajar mengoperasikan komputer sehingga dapat melakukan penganggaran, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa. Siskeudes yang dikembangkan oleh Dirjen Bina Pemerintah Desa bekerjasama dengan BPK terkoneksi dengan aplikasi Siswaskeudes milik Inspektorat sehingga memudahkan dalam pengawasan dan pemeriksaan keuangan desa. Beliau memuji Kadis Kominfo yang telah tanggap merevisi anggarannya dengan menambah item pengadaan server ke-6 untuk menunjang pelaksanaan Siskeudes dan Siswaskeudes. Pesan yang disampaikan kepada Kepala Desa dan Dinas PMD agar mengikuti regulasi yang ada, menganggarkan penataan batas desa dalam APBDes, persyaratan dan ketentuan penggunaan Dana Desa Tahun 2023 harus dipatuhi.

Peserta pelatihan ini adalah seluruh Kepala Desa dan Kaur Keuangan Desa dengan narasumber dari Dinas PMD dan Tenaga Ahli (TA) P3MD Kab. Nias Selatan. Turut hadir dalam pembukaan pelatihan ini Kacab Bank Sumut Teluk Dalam Oktavianus Telaumbanua, Koordinator TA P3MD Kab. Nias Selatan Yankas Zagoto, SE, M.M beserta jajarannya, mewakili Bank BRI dan mewakili OPD.
(Timliputanpkp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here