Toma-Mazino Selenggarakan Musrenbang Kecamatan 2024

0
568

Nias Selatan, Diskominfo,- Kecamatan Toma dan Kecamatan Mazino menyelenggarakan Musrenbang RKPD Tahun 2024 tingkat kecamatan bertempat di gedung Gereja BKPN Hilinamoniha Kec. Toma (Selasa, 21/02/2023).

Sambutan dari anggota DPRD Provsu Tukari Talunohi yang turut hadir, menyampaikan bahwa kegiatan musrenbang ini dapat membawa kemajuan di Kec. Toma dan Kec. Mazino. Usulan pembangunan bisa melalui pokok-pokok pikiran DPRD, melalui reses dan melalui usul yang disampaikan ke DPRD Kabupaten. DPRD kabupaten sangat diharapkan kehadirannya pada setiap Musrenbang agar usulan yang sudah disepakati dapat tertampung di RKPD.

Mewakili tokoh masyarakat yang disampaikan oleh A. Elita Laia bahwa usulan paling prioritas di Kec. Toma yaitu pengadaan air bersih supaya dikabulkan mengingat kebutuhan ini sangat mendesak. Harapannya agar usulan yang disampaikan pada Musrenbang ini supaya ditampung sampai di musrenbang tingkat provinsi.

Sambutan Bupati Nias Selatan yang disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setao Amazihono, S.Pi., M.M kegiatan hari ini adalah salah satu tahapan dalam penyusunan rencana pembangunan daerah. Pelaksanaan musrenbang ini untuk mewujudkan sumber daya manusia Nias Selatan yang sehat, cerdas dan berdaya saing mendukung Visi dan Misi Kepala Daerah Kab. Nias Selatan, dengan sasaran pembangunan daerah Kab. Nias Selatan Tahun 2024 adalah peningkatan pelayanan publik dan tatakelola pemerintahan, kuantitas dan kualitas infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan rasa aman.

Paparan dari Bappeda yang disampaikan oleh Kabid Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Petrus Gaho, S.Pd bahwa yang dibicarakan hari ini adalah hasil musrenbangdes untuk di tetapkan dalam Musrenbang Kecamatan. Pembatasan usulan yang sudah disampaikan sebelumnya disebabkan oleh keterbatasan anggaran dan alokasi pendanaan Pemilu Serentak 2024. Untuk Tahun 2023, kegiatan pembangunan yang sudah tertampung dalam APBD ada sebanyak 17 item di Kec. Toma dan 14 item di Kec. Mazino.

Usulan yang disampaikan oleh kedua kecamatan pada musrenbang ini meliputi pembangunan/rehabilitasi jalan, pembangunan perpipaan/penyediaan air bersih, TPT, jembatan dan lapangan olahraga/upacara dari Dinas PUPR. Kemudian, penambahan ruang kelas dan gedung PAUD dari Dinas Pendidikan serta rehabiltasi puskesmas dan pustu dari Dinas Kesehatan.

Musrenbang ini juga dihadiri oleh Camat Toma , Camat Mazino, TA Kab. Nias Selatan , Forkopimcam, mewakili kepala OPD, Kepala UPTD Puskesmas/Pustu, kepala desa, kepala sekolah, BPD, tokoh masyarakat, staf kantor camat dan masyarakat.
(Timliputanpkp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here