Pangan Desa Bangkit

0
905

Nias Selatan, Diskominfo – Pertanian desa merupakan basis terpenting dalam mewujudkan ketahanan pangan di daerah dan nasional dimana desa adalah merupakan penyedia utama sumber pokok pangan. Hal ini disampaikan Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, SH.,MH saat menghadiri panen cabai rawit di Desa Hilisataro Nandisa Kecamatan Toma, Jumat (17/02/2023).

Lebih lanjut Bupati Hilarius Duha menjelaskan tanaman pangan merupakan satu kesatuan pewilayahan komoditas unggulan dengan memperhatikan kesamaan wilayah dengan kesamaan ekosistem, serta disatukan oleh fasilitas infrastruktur ekonomi yang sama dalam membentuk kawasan yang berisi berbagai usaha mulai dari penyediaan sarana produksi, budidaya, penanganan, pengolahan pasca panen dan pemasaran.

“Pemerintah akan selalu mensupport serta mendukung dalam memperkuat kemandirian pangan desa dengan meningkatkan kapabilitas dan kapasitas petani sebagai subjek pengolahan sumber daya pertanian”, ujar Hilarius Duha.

Pada panen cabai rawit tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Nias Selatan Ermanjaya Buulolo, SST, Kepala Dinas Pertanian Ir. Norododo Sarumaha.,MM, BPS Nias Selatan, Camat Toma Romianus Maduwu,.S.Pd., M.M, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Syukurman Hia, SKM.,M.I.P, Kepala Desa Hilisatoro Nandisa Wao’ua Duha dan beberapa Kepala Desa di Kecamatan Toma.
(Timliputanpkp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here