Pelaksanaan Pencanangan Sub PIN Polio di Kab. Nias Selatan

0
767

Nias Selatan, Diskominfo,- Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang dilakukan secara serentak di Kab. Nias Selatan, pelaksanaan pencanangannya dipusatkan di gedung PAUD Baluse Teluk Dalam (Senin, 13/02/2023).

Kepala Dinas Kesehatan dr. Henny K. Duha, M.M menyampaikan bahwa penyakit Polio merupakan penyakit menular berupa peradangan tulang belakang (lumpuh layu) yang menyerang anak-anak pada umumnya. Pelaksanaan Sub PIN Polio ini sebagai respon atas Kejadian Luar Biasa (KLB) kasus polio yang terjadi di Provinsi Aceh khususnya di Kabupaten Pidie. Sasaran pelaksanaan kegiatan imunisasi ini adalah anak usia 0 s.d 59 bulan dengan putaran pertama dimulai tanggal 13 s.d 19 Februari 2023 di seluruh pos-pos kesehatan, dan putaran kedua dilaksanakan satu bulan setelah putaran pertama selesai.

Pesan motivasi yang disampaikan oleh Ketua TP-PKK Kab. Nias Selatan Ny. Yustina Hilarius Duha mengajak seluruh masyarakat Nias Selatan dan khususnya TP-PKK mulai dari tingkat kabupaten sampai desa agar mensukseskan pelaksanaan Sub PIN Polio dan dihimbau kepada orangtua membawa anak-anaknya yang berumur 0 s.d 59 bulan ke pos-pos kesehatan terdekat untuk mendapatkan imunisasi Polio.

Arahan Bupati Nias Selatan yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Fataloza Giawa, SH, MH yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut bahwa Tahun 2012 oleh WHO Indonesia dinyatakan bebas Polio, namun menurut penelitian WHO Tahun 2018 Indonesia dinyatakan beresiko tinggi penyebaran Polio. Bupati memerintahkan pos-pos pelayanan imunisasi agar tetap buka selama jadwal pelaksanaan Sub PIN Polio.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian imunisasi Polio kepada seluruh siswa/i PAUD Baluse dengan cara tetes vaksin ke mulut (oral) sebanyak 2 tetes.

Turut hadir mewakili Dandim 0213/Nias, Staf Ahli, Kepala OPD/ mewakili, Dirut RSUD Nias Selatan, Camat, Kepala Puskesmas, anggota TP-PKK Kab. Nias Selatan dan Kec. Teluk Dalam, Guru dan siswa PAUD Baluse.(Timliputanpkp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here