Kabupaten Nias Selatan Terima Penghargaan Penyalur Dana Desa Tercepat Tahun 2022

0
1008

Nias Selatan, Diskominfo – Pemerintah Kabupaten Nias Selatan menerima piagam penghargaan dari Kementerian Keuangan RI melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Gunungsitoli sebagai kabupaten yang telah menuntaskan penyaluran Dana Desa tahun anggaran 2022 dengan jumlah desa terbanyak se-Kepulauan Nias yang diserahkan langsung oleh Kepala KPPN Gungungsitoli, Jakson Sunario Panjaitan kepada Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH.,MH dan didampingi Wakil Bupati Firman Giawa, SH.,MH di Ruang Pimpinan Kantor Bupati Nias Selatan, Senin (13/02/2023).

Pada acara tersebut diawali dengan Rapat Koordinasi Dana Desa tahun anggaran 2023, dimana paparan Kepala KPPN, Jakson Sunario Panjaitan menjelaskan bahwa Dana Desa tahun anggaran 2022 di Kabupten NIas Selatan sejumlah Rp. 375.606.997.000 cukup baik penyalurannya sebesar 99,03%, dan yang masih terkendala penyaluran Dana Desanya ada 9 Desa lagi.

Lanjut Kepala KPPN Gunungsitoli menyampaikan Dana Bagi Hasil (DBH), dimana pajak-pajak pusat yang dipungut dari daerah yang disetor ke rekening kas negara dengan syarat untuk transfer DBH tersebut harus selesai rekonsiliasi pajak tahun sebelumnya.

Bupati Hilarius Duha dalam tanggapannya menyampaikan terima kasih atas paparan yang telah disampaikan, dan terkait dengan desa yang mengalami masalah penyaluran Dana Desa disarankan supaya pemotongan Dana Desa tahun anggaran berikutnya dibebankan pada kesejahteraan Kepala Desa yang bermasalah, sedangkan pembangunan desa untuk kebutuhan masyarakat tetap jalan.(Timliputanpkp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here