Kasus KLB Polio di Aceh,- Kemenkes RI Lakukan Advokasi dan Sosialisasi SUB PIN Polio di Sumatera Utara.

0
1097

Nias Selatan, Diskominfo – Bupati Nias Selatan yang diwakili oleh Wakil Bupati Firman Giawa, menghadiri Acara Advokasi dan Sosialisasi SUB PIN Polio Sumatera Utara yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Hotel Grand City Hall Jl. Balai Kota No.1 Medan Selasa 7 Februari 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindaklanjut kasus Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio VDPV2 di Kabupaten Pidie Provinsi Aceh, sehingga perlu dilakukan Sub PIN Polio sebanyak 2 Putaran di daerah yang berdekatan dengan Provinsi Aceh untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Kasus Polio VDPV2 sampai di Provinsi Sumatera Utara. Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI.

Sementara itu, Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes RI Dr. Prima Yosefin, MKM menyampaikan bahwa untuk menghindari terjadinya penyebaran polio di Provinsi Sumatera Utara, tentunya dibutuhkan dukungan dari semua pihak dan diharapkan lewat pelaksanaan Advokasi dan Sosialisasi ini, seluruh pemangku kebijakan serta kepala daerah di Kabupaten/ Kota dapat menyamakan persepsi terhadap pentingnya pelaksanaan SUB PIN Polio, dan diperolehnya dukungan kebijakan dan operasional dari Kepala Daerah serta stakeholder, sehingga target yang diharapkan dapat tercapai.

Sambutan Gubernur yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara menegaskan bahwa pemberian imunisasi merupakan solusi preventif dan paling efektif dalam mewujudkan serta meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak. Pelaksanaan imunisasi polio untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang maju dan bermartabat yang bermodalkan generasi penerus bangsa yang sehat.

Pada kesempatan itu juga Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara mengajak seluruh pemangku kebijakan dan stakeholder untuk mensukseskan SUB PIN Polio yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2023 dan bulan Maret 2023, dengan target sasaran 1,3 juta anak usia 0-59 Bulan, dan diakhiri dengan penyerahan Instruksi Gubernur Sumatera Utara tentang Pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio Sumatera Utara Tahun 2023 dan penandatanganan pernyataan dukungan pelaksanaan SUB Pin Polio VDPV2 Tahun 2023.

Pemerintah Kabupaten Nias Selatan mendukung sepenuhnya kegiatan ini dan berupaya semaksimal mungkin agar proses pelaksanaan SUB PIN Polio VDPV2 di Kabupaten Nias Selatan terlaksana dengan sukses sesuai harapan.
Turut hadir pada kesempatan itu Ketua TP-PKK Kabupaten Nias Selatan Ny. Yustina Hilarius Duha, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Nias Selatan Alberh Duha, mewakili Kepala Dinas Kesehatan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Yeni Christina Mendrofa.

Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara Ibu Nawal Edy Rahmayadi, Ketua TP PKK Kabupaten/Kota, Perwakilan Forkopimda, dan Bupati/Walikota se-Sumatera Utara turut hadir, serta Perwakilan WHO, Perwakilan UNICEF, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa se-Provinsi Sumatera Utara, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, tamu undangan lainnya dan Pers. (Timliputan PKP).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here