DP2KBP3A Kab. Nias Selatan Laksanakan Pertemuan Persiapan RAD Kabupaten Layak Anak

0
330

Nias Selatan, Diskominfo,- Bertempat di Aula Kantor Bupati Nias Selatan, dilangsungkan pertemuan persiapan Rencana Aksi Daerah (RAD) Kabupaten Layak Anak (KLA) yang dikoordinir oleh DP2KBP3A Kab. Nias Selatan (Selasa, 20/08/2022).

Plt. Kepala DP2KBP3A Kab. Nias Selatan Deniria Gulo, S.Pd selaku Ketua penyelenggara melaporkan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memenuhi hak dan melindungi anak, terwujudnya lingkungan pengasuhan anak yang bertanggungjawab di semua lingkungan, dan terwujudnya penjaminan kesejahteraan dan kesehatan anak.

Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, SH, MH yang membuka secara resmi acara tersebut memberi arahan bahwa ujung tombak suksesnya RAD KLA adalah masing-masing OPD sedangkan narasumber hanya memfasilitasi, untuk itu diharapkan kepada peserta agar mencermati, mengamati, dan mempelajari materi yang disampaikan. Dan agar program tersebut dapat berhasil diminta kepada kepala OPD dan kepala desa untuk menyiapkannya dalam penyusunan anggaran sehingga di Tahun 2023 dapat dilaksanakan.

Manager Wahana Visi Indonesia (WVI) Nias Selatan Silvester Lowa mengatakan konvensi hak anak yang mandiri merupakan komitmen WVI sejak Tahun 1990. Beliau mengapresiasi persiapan-persiapan yang sudah dilakukan untuk menciptakan Nias Selatan sebagai KLA.

Nara sumber kegiatan ini mengatakan bahwa Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) adalah kabupaten/kota dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan. Beliau mengharapkan agar dalam penyusunan rencana kerja melibatkan instansi vertikal. Pelaksanaan program ini harus dimulai dari level desa.

Turut hadir Mohammad Jailani, S.Sos, MA selaku tim perumus KLA Nasional/assesors KLA Nasional yang juga sebagai nara sumber, Specialist III-N Zona Sponsorship Operations SAMBAWA WVI Maria Rosa Poetranto, kepala/mewakili OPD, Camat, para kades dari 16 desa layanan WVI, dan para siswa/i anggota Forum Anak Nias Selatan.
(Timliputanpkp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here