Firman Giawa hadiri FGD Studi Kelayakan Pembangunan Pelabuhan Bawo Analita Saeru Kab. Nias Selatan

0
487

Bertempat di Kantor Bupati Nias Selatan dilangsungkan Forum Discussion Group (FGD) secara Daring dan zoom meeting tentang studi kelayakan pembangunan pelabuhan Bawo Analita Saeru Kec. Tanah Masa Kab. Nias Selatan (Senin, 29/08/2022).

Arahan Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, SH, MH menyampaikan bahwa terkait rencana pembangunan pelabuhan Bawo Analita Saeru pemerintah daerah akan memfasilitasi pembebasan lahan dan mengusahakan dengan berkoordinasi dengan PLN tentang penyediaan listrik di lokasi tersebut. Beliau mengharapkan agar semua OPD yang terkait dengan ini agar dapat bekerjasama dan tetap berkoordinasi. Melalui zoom meeting, Wakil Bupati meminta pemerintah Desa Bawo Analita Saeru agar menyiapkan permohonan surat hibah tanah peruntukan pembangunan pelabuhan dialamatkan kepada Direktorat Kepelabuhanan Kementerian Perhubungan RI melalui Pemkab Nias Selatan.

Sambutan dari Direktorat Kepelabuhanan Kementerian Perhubungan RI yang disampaikan oleh Andi Hardianto bahwa rencana pembangunan pelabuhan Bawo Analita Saeru (yang sebelumnya disebut Saero) merupakan program yang sudah teragendakan di Direktorat Kepelabuhanan bersama dengan rencana pembangunan pelabuhan Simuk, Bais dan Labuhan Hiu di Kab. Nias Selatan.

Pemaparan dari konsultan PT. Yuchi Kaji Tama yang disampaikan oleh Herum Petrus Manalu bahwa di lokasi ini sudah berjalan aktivitas kepelabuhanan karena telah disinggahi kapal perintis R-3. Ada 2 alternatif lokasi pembanguan yaitu di Baluta atau di Bawo Analita Saeru dan akan dianalisis kelayakannya melalui analisis SWOT. Wakil Bupati meminta kepada Dinas Kominfo agar menyiapkan fasilitas jaringan internet di lokasi tersebut.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Sekretaris Daerah Kab. Nias Selatan Ir. Ikhtiar Duha, M.M, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Pulau Tello Fauduaro zega, SE, Kadis KKP Seksama Sarumaha, S.IP, MA, Kadis Perindag F. Martin Ley, SE, M.M, Sekdin Kominfo Lili Suryani Laia, S.Kom, Sekdin Pertanian Sozisokhi Laia, S.Sos, Sekretaris Bappeda Desman Hulu, ST, Sekdin Perhubungan, Kabid Tata Ruang Dinas PU Rahmat Yatatema Halawa, ST dan secara online dihadiri PPK Pembangunan Pelabuhan Bawo Analita Saeru Kuncoro, Kadis KKP Provsu, Kakan Distrik Navigasi Kelas III Sibolga, dan Sekdes Bawo Analita Saeru.
(Timliputanpkp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here