Presiden Joko Widodo Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

0
120

NIAS SELATAN, Diskominfo – Presiden Ir. H.Joko widodo Mengawali kunjungan kerjanya di Nias Utara Provinsi Sumatera Utara, Rabu, 06 Juli 2022. Setibanya di Bandara Udara Binaka disambut oleh Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua, M.M., Danrem 023/Kawal Samudera Kolonel Inf. Lukman Arif, Kapolres Nias AKBP Wawan Iriawan, dan tampak menyambut di pintu ketibaan bandara yakni Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH.,MH, Bupati Nias Yaatulo Gulo, SE., M.M,. dan selanjutnya rombongan menuju Nias Utara melalui perjalanan darat.

Presiden Joko Widodo yang begitu dicintai rakyat, disambut oleh para pelajar dengan membawa bendera merah putih dan suara antusiasme ribuan masyarakat yang berdatangan dari berbagai daerah di Kecamatan Alasa Kabupaten Nias Utara.

Setibanya disana, Presiden langsung meninjau proyek peningkatan struktur jalan antara Lahewa-Ombolata-Tumula-Faekhuna’a tahun 2022 dengan anggaran Rp. 32,36 miliar. Ruas tersebut merupakan jalan penghubung lingkar Barat dan lingkar Timur Nias, tepatnya dari Nias Utara menuju Kota Gunungsitoli di Pulau Nias, pembangunan tersebut dimaksudkan untuk membangun konektivitas antarwilayah di Pulau Nias.

Usai melakukan peninjauan, saat memberikan keterangan, Presiden Joko Widodo dengan sapaan akrab Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah menargetkan pembangunan infrastruktur jalan nasional di Nias dapat rampung tahun depan,sementara untuk jalan lingkar nasional tinggal 16 kilometer, insyaaallah tahun depan sudah rampung semunya, karena memang harus dibuat jalan baru”, ujar presiden.

residen berharap, dengan peningkatan struktur jalan tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Pulau Nias, sehingga komoditas ikan dan kelapa dapat bersaing di pasaran. Selain itu pembangunan jalan juga akan berdampak pada pariwisata di pulau Nias termasuk surfing sangat bagus dan sangat diminati, ” kata Presiden.

Setelah itu, Presiden bersama rombongan terbatas akan menuju helipad Lapangan Alasa untuk selanjutnya bertolak ke Kabupaten Nias Barat dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU, untuk meninjau infrastruktur jalan nasional dan jembatan serta menyerahkan sejumlah bantuan sosial di Pasar Mandrehe.

Dan pada sore harinya, dari Kabupaten Nias Barat Presiden Jokowi dan rombongan kembali ke Bandara Binaka menggunakan helikopter Super Puma TNI AU dan selanjutnya bertolak menuju Kota Medan.

Turut mendampingi Presiden Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly.

Selain itu, turut serta juga Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, dan Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak (timliputanpkp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here