NIAS SELATAN, Diskominfo – Pemerintah Kabupaten Nias Selatan (Nisel), Provinsi Sumatera Utara, menyambut baik program Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang dipaparkan oleh Dewan Pembina APKASI, Drs. Sokhiatulo Laoli,MM., di ruang meeting Bupati Nisel, Jalan Arah Sorake Km. 5 Telukdalam, Kamis (06/04/2022).

Demikian disampaikan Wakil Bupati Nisel, Firman Giawa,SH.,MH., dalam sambutan mewakili Bupati Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., selaku Koordinator Forkada se-Kepulauan Nias yang didampingi oleh Sekda, Ir. Ikhtiar Duha,MM, serta dihadiri para Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan, dan Kepala Bappeda dari Kabupaten se-Kepulauan Nias.

Firman Giawa mengharapkan melalui program APKASI di bidang pendidikan dan kesehatan kiranya dapat menyentuh kepentingan masyarakat Kepulauan Nias dan khususnya Kabupaten Nias Selatan. “Kami percaya bahwa kondisi Kepulauan Nias ini telah diketahui oleh pak Laoli selaku Bupati Nias sebelumnya, sehingga kami sangat berharap apa yang menjadi kekurangan dan keterbatasan pemerintah daerah akan menjadi perhatian APKASI salah satunya di bidang pendidikan dan kesehatan,” harap Firman Giawa.

Dalam sambutan Sokhiatulo Laoli menyebutkan APKASI sebagai mitra pemerintah berperan dalam membangun dan mengembangkan tata kelola pemerintah melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan mendorong inovasi di berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, pelayanan publik, perdagangan dan investasi.

Selain itu, Laoli mengatakan APKASI juga telah menjalin kerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI melalui Dana Hibah Kedaireka, dan dalam bidang kesehatan memiliki program teknologi pelayanan kesehatan berbentuk sistem informasi manajemen fasilitasi kesehatan.

Pada kesempatan itu masing-masing dinas teknis dari Kabupaten se-Kepulauan Nias menjelaskan kondisi daerahnya, baik di bidang pendidikan maupun di bidang kesehatan. Atas penjelasan itu akan menjadi masukan kepada APKASI untuk diusulkan dalam programnya ke depan. Acara ini dapat terlaksana dengan baik atas kerjasama semua pihak yang difasilitasi oleh Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Nisel. (timliputanpkp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here