NIAS SELATAN, Diskominfo – Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023, bertempat di Aula Kantor Bappeda, Jalan Saonigeho Km. 3,5 Telukdalam, Jumat (04/03/2022).

Musrenbang tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa,SH.,MH. Melalui sambutannya menyampaikan arah kebijakan pembangunan tahun 2023 untuk pencapaian Visi “Nias Selatan Maju, Masyarakat Sejahtera” akan difokuskan pada pemerataan pembangunan infrastruktur dasar dengan skala prioritas.

Firman Giawa menyebutkan sasaran pembangunan tahun 2023, meliputi: Meningkatkan kualitas pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan; Meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur daerah; dan Meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan; Meningkatkan mutu pelayanan dan derajat kesehatan; Meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat; Meningkatkan perekonomian yang produktif dan inovatif melalui pengelolaan sumber daya alam dan warisan budaya secara optimal; serta Meningkatkan rasa aman dan nyaman.

Sambutan Gubernur Sumatera Utara yang dibacakan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provsu Zumri Sulthony,S.Sos.,M.Si., mengapresiasi pelaksanaan Musrenbang RKPD Nisel Tahun 2023. “Hal ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 dimana pelaksanaan Musrenbang memiliki nilai strategis dalam penyelenggaraan pemerintah daerah,” ucap Zumri Sulthony.

Tema RKPD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023, kata Zumri Sulthony adalah akselerasi pencapaian produktivitas untuk transportasi ekonomi yang inklusif melalui kolaborasi perencanaan pembangunan Sumatera Utara yang bermartabat. Mengakhiri sambutan Gubernur tersebut, dirangkai dengan penyerahan  Grand Design dan Detail Engineering Design (DED) Bisnis Plan Pariwisata Kepulauan Nias dari Pemkab Nias Selatan kepada Gubernur Sumatera Utara melalui Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provsu.

Sementara itu, Ketua DPRD, Elisati Halawa sekaligus mewakili Forkopimda Nisel, mengharapkan perencanaan pembangunan tahun 2023 agar beracuan pada perencanaan pembangunan tahun sebelumnya, serta mempedomani sajian data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Nisel.

“Dalam hal ini bila pelaksanaan pembangunan tahun-tahun sebelumnya mengalami peningkatan, maka akan menjadi pedoman untuk dilanjutkan ke depan, tetapi apabila menurut data BPS mengalami penurunan, maka diharapkan aksi, evaluasi dan refleksi,” ujar Elisati Halawa sembari mengharapkan pelaksanaan pembangunan ke depan dapat mengalami perubahan yang signifikan ke arah yang lebih baik. Musrenbang RKPD Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Bappeda Nisel dapat terlaksana dengan baik. Dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara yg diwakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provsu, Zumri Suthony, Ketua DPRD Elisati Halawa,ST., Danlanal Nias, Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo, mewakili Dandim 0213/Nias, Mayor Inf. Hatianus Zega (Danramil 12/Telukdalam), Anggota DPRD, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Camat, Kabag, Tokoh Masyarakat, Agama, LSM dan Pers. (timliputanpkpdiskominfonisel).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here