BPKPAD Nisel Adakan Sosialisasi Peningkatan PAD Dengan Pengusaha di Pantai Sorake

0
711

NIAS SELATAN, Diskominfo – Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Nias Selatan (Nisel) mengadakan sosialisasi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dengan peserta para Pengusaha Penginapan dan Restauran di Pantai Sorake dan sekitarnya, bertempat di Café Kalabubu, Botohili Sorake, Kecamatan Luahagundre Maniamolo, Rabu (16/02/2022).

Sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah untuk menjelaskan sasaran dan manfaat PAD dalam pembangunan daerah, pengaruh daerah pariwisata pada peningkatan PAD, dan pengurusan izin bagi pengusaha. Demikian disampaikan Kepala BPKPAD Nisel, Aferili Harita,SE.,M.A., melalui arahannya saat membuka sosialisasi tersebut secara resmi.

Dalam hal peningkatan dan pengembangan dunia usaha di Pantai Sorake, Aferili Harita mengatakan akan mengundang para pimpinan Bank yang ada di Nisel supaya dapat bekerjasama dengan pemilik penginapan dan restauran. Selain itu, Harita menyampaikan kepada peserta sosialisasi bahwa pada bulan Juli 2022 mendatang akan diadakan Nias Pro 2022, dan rencananya akan dihadiri oleh Bapak Presiden RI.

Sehingga mengajak para pengusaha/pengelola Penginapan dan Restauran di Pantai Sorake dan sekitarnya untuk melakukan peningkatan penataan tempat-tempat usaha masing-masing dengan baik dan rapi sehingga pengunjung lebih betah dan akan berkunjungan kembali. Karena dalam hal pelayanan di tempat-tempat wisata yang diharapkan adalah keamanan, kenyamanan dan kebersihan.

Camat Luahagundre Maniamolo, Relivan Ifadayazaro Dachi,ST., menyambut baik pelaksanaan sosialisasi tersebut dan mengucapkan terima kasih kepada BPKPAD Kabupaten Nisel yang melaksanakan sosialisasi peningkatan PAD dengan pengusaha yang ada di Pantai Sorake. Ia menghimbau para peserta untuk memanfaatkan sosialisasi dalam hal berdiskusi bersama tentang upaya peningkatan PAD yang bermuara pada pembangunan daerah.

Adapun narasumber pada sosialisasi tersebut adalah Kepala Bidang Pendapatan BPKPAD, Budiman Sokhi Hulu dengan topik: Peningkatan Pendapatan Asli Daerah, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga, Anggreani Dachi,SP.,M.Si., dengan topik: Pengaruh Daerah Pariwisata pada Peningkatan Pendapatan Asli Daerah, dan Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Agusman Sarumaha,SE., dengan topik: Pengurusan Izin bagi Pengusaha.

Peserta sosialisasi sangat merespon materi yang dipaparkan oleh para narasumber. Bahkan para pengusaha itu merasa senang dan bangga mendapatkan sosialisasi tentang peningkatan PAD. Melalui ruang diskusi para peserta mengungkapkan komitmen bersama dalam hal peningkatan Pendapatan Asli Daerah, bahkan meminta supaya besaran potongan Pajak Hotel dan Restauran (PHR) agar dibuat dalam bentuk stiker sehingga akan lebih mudah dipahami oleh para pengunjung. (timliputandiskominfonisel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here