Empat Kecamatan Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2023 Di Onolalu

0
1206

NIAS SELATAN, Diskominfo – Empat Kecamatan di Kabupaten Nias Selatan (Nisel) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk diusulkan menjadi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias Selatan (Nisel) Tahun 2023, bertempat di Gereja AFY Desa Hilimondregeraya, Kecamatan Onolalu, Selasa (15/02).

Mendahului kegiatan tersebut, Camat Luahagundre Maniamolo, Relivan Ifadayazaro Dachi,ST., menyebutkan Kecamatan yang kompak melaksanakan Musrenbang bersama adalah Kecamatan Telukdalam, Kecamatan Fanayama, Kecamatan Luahagundre Maniamolo dan Kecamatan Onolalu. β€œKami memilih Kecamatan Onolalu sebagai tempat pelaksanaan Musrenbang karena memiliki kearifan lokal yang punya keunggulan tersendiri,” ujar Relivan.

Sementara itu, Camat Telukdalam, Hans Martin Wau,SE., dalam sambutannya menjelaskan pelaksanaan Musrenbang tersebut merupakan tindaklanjut hasil Musrenbang Desa. Sehingga mengajak para peserta Musrenbang untuk menyepakati program pembangunan skala prioritas untuk menjadi usulan setiap Kecamatan.

β€œDengan harapan program pembangunan yang menjadi skala prioritas dari setiap Kecamatan terus kita kawal hingga Musrenbang Kabupaten dengan tujuan dapat terakomodir dalam APBD Tahun 2023,” harap Hans Martin Wau. Mengakhiri sambutannya membuka secara resmi Musrenbang RKPD Tahun 2023 tingkat Kecamatan, dan peserta merespon dengan tepuk tangan yang meriah.

Untuk mengarahkan pelaksanaan Musrenbang tersebut, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kabupaten Nisel, Rahmat Lase,SSTP.,MAP., memaparkan tujuan dan sasaran pembangunan Kabupaten Nisel Tahun 2023 untuk menyelaraskan program pembangunan yang akan menjadi usulan dari Kecamatan. Selain itu juga memaparkan daftar kegiatan pembangunan yang telah terakomodir dalam APBD Tahun 2022.

Selanjutnya dari masing-masing Kecamatan menyampaikan paparan pembangunan hasil Musrenbang setiap Desa. Kemudian konsep pembangunan menjadi bahan diskusi untuk menyepakati program pembangunan skala prioritas. Ruang diskusi dapat berjalan dengan baik, dipandu oleh Sekretaris Kecamatan Luahagundre Maniamolo, Pilipus Zagoto.

Meskipun pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Onolalu sempat diwarnai hujan namun tidak mengurangi semangat peserta untuk mengikuti rangkaian acara Musrenbang hingga berakhir dengan aman, tertib dan kondusif. Pemerintah dan Warga Masyarakat Kecamatan Onolalu sebagai tuan rumah telah memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Musrenbang sehingga sangat terkesan dan menarik. Musrenbang di Kecamatan Onolalu dihadiri oleh Camat Telukdalam, Hans Martin Wau,SE., Camat Fanayama, Ronaldin Fau,SH.,MH., Camat Luahagundre Maniamolo, Relivan Ifadayazaro Dachi,ST., Camat Onolalu, Darnis Harita,ST.,MA., dan jajaran pemerintahan dari setiap Kecamatan, serta sejumlah pejabat struktural dari beberapa OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Nisel. Dengan peserta Kepala Desa, Ketua BPD, Sekdes dan unsur Tokoh dari setiap Desa. (timliputandiskominfonisel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here