Kepala Daerah se-Kepulauan Nias Sepakati Pencegahan Covid-19 Dengan Tegas Tapi Humanis

0
1953

NIAS SELATAN, Diskominfo – Kepala Daerah se-Kepulauan Nias menyepakati pencegahan dan penanganan Covid-19 akan dilakukan dengan tegas tapi humanis terutama pada pemeriksaan dokumen Swab/PCR saat keluar/masuk Kepulauan Nias, baik di Bandara maupun di Pelabuhan, serta kepatuhan pada protokol kesehatan.

Hal ini disepakati oleh Bupati/Wali Kota melalui rapat Forum Kepala Daerah (Forkada), di Pendopo Bupati Nias, Jalan Ir. Soekarno, Gunungsitoli, Kamis (10/02/2022). Pelaksanaan rapat tersebut merupakan tindak lanjut arahan Presiden Republik Indonesia dan Gubernur Sumatera Utara tanggal 07 Januari 2022 terkait antisipasi penyebaran Covid-19 Varian Omicron.

Rapat yang berlangsung dalam nuansa sejuk itu dapat terlaksana dengan baik, dipimpin oleh Dr. Hilarius Duha, SH.,MH., Bupati Nias Selatan (Nisel) selaku Koordinator Forkada se-Kepulauan Nias. Turut hadir Bupati Nias, Yaatulo Gulo,SE.,SH.,M.Si., Wali Kota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua, Wakil Bupati Nias Barat, Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si., dan mewakili Bupati Nias Utara Sekretaris Daerah, Bazatulo Zebua,SE.,M.Ec.Dev. Wakil Bupati Nisel, Firman Giawa,SH.,MH., Wakil Bupati Nias, Arota Lase, A.Md., Wakil Wali Kota Gunungsitoli, Sowa’a Laoli, SE.,M.Si., Danlanal Nias, Kolonel Laut (P) Antonius Hendro  Prasetyo, Kapolres Nias, AKBP Wawan Iriawan, S.I.K., Dandim 0213/Nias, Letkol Inf. Martky Jaya Parangin Angin, Kajari Gunungsitoli, Futin Helena Laoli, SH., Wakapolres Nias Selatan, Kompol Jauhari Lumban Toruan, dan sejumlah pajabat Struktural dari lima Kabupaten/Kota Kepulauan Nias.

Dalam rapat, para Kepala Daerah dan Forkopimda dari masing-masing Kabupaten/Kota menyampaikan beberapa usulan tentang langkah-langkah pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kepulauan Nias sebagaimana disimpulkan oleh Koordinator Forkada, Bupati Nisel, Hilarius Duha, antara lain: Bupati/Wali Kota akan segera menerbitkan surat edaran tentang pencegahan dan penanganan Covid-19 Varian Omicron dan memperbaharui Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kepulauan Nias.

Kemudian petugas akan melakukan pengetatan pemeriksaan dokumen Swab/PCR di pintu keluar/masuk bandara dan pelabuhan; Aparatur Kecamatan dan Desa terus mengedukasi dan menghimbau penerapan protokol kesehatan di Desa-Desa melalui sekolah dan tempat ibadah serta melakukan koordinasi dengan para tokoh agama dan tokoh masyarakat agar sepemahaman dan mendukung antisipasi penularan Covid-19.

Berikutnya, melalui Forum Kepala Daerah akan menyurati Pemerintah Pusat dan Provinsi Sumatera Utara untuk penambahan vaksin dan alat tes TCM/PCR serta fasilitas-fasilitas kesehatan dalam penanganan Covid-19, Pemerintah bersama TNI/Polri akan melakukan razia kepatuhan pemakaian masker, serta melakukan PPKM skala mikro disertai pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing) dan perawatan (treatment) untuk pencegahan dan penanganan Covid-19.

Mengakhiri rapat tersebut, Koordinator Forkada se-Kepulauan Nias mengajak Bupati/Wali Kota dan Stakeholder lainnya untuk terus bersinergi dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 Varian Omicron, sehingga pembangunan dan percepatan perkembangan Kepulauan Nias tercinta dapat terlaksana dengan baik. “Seperti tahun ini direncanakan pelaksanaan Surfing kelas dunia akan digelar di Pantai Sorake Kabupaten Nias Selatan,” ujar Hilarius Duha. (timliputandiskominfonisel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here