BUPATI NIAS SELATAN SAMBUT KUNKER KAPOLDASU IRJEN POL DRS. R.Z. PANCA PUTRA S.,M.SI.,

0
414

NIAS SELATAN, Diskominfo – Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu), Irjen Pol Drs. R.Z. Panca Putra S.,M.Si., melakukan sejumlah kegiatan saat Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Nias Selatan antara lain meninjau pelaksanaan vaksinasi masal di lapangan Orurusa Teluk Dalam dan ke Desa Cagar Budaya Nasional Desa Bawomataluo Kecamatan Fanayama, Sabtu (25/09).

Saat Kapoldasu dan Wakapolda Brigjen Pol Dr. Dadang Hartanto,SH.,S.I.K.,M.Si., tiba di lapangan Orurusa Teluk Dalam disambut oleh Bupati Nias Selatan (Nisel), Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., bersama Kapolres AKBP Reinhard Habonaran Nainggolan,SH.,S.I.K.,MM., Komandan Pangkalan Angkatan Laut Nias, Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo, dan Komandan Kodim 0213/Nias, Letkol Inf Martky Jaya Parangin Angin.

Hal yang sangat menarik perhatian publik kepada Kapolda Irjen Pol Panca Putra ketika tiba di lapangan Orurusa Teluk Dalam tanpa istrahat langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi secara keseluruhan sembari mengedukasi masyarakat dan para pelajar bahwa pentingnya vaksin dalam tubuh untuk memberi kekebalan terhadap penularan Covid-19, serta meminta para vaksinator agar memberikan pelayanan yang terbaik.

Pada kesempatan itu, Irjen Pol Panca Putra juga menyerahkan Bantuan Sosial kepada sejumlah anak yatim dan janda maskin di Kelurahan Pasar Teluk Dalam. Berikutnya, Kapoldasu istrahat senejak di rumah dinas Bupati Nisel, Jalan Pancasila No. 1 Kelurahan Pasar Teluk Dalam. Disana beliau berbicara santai dengan Hilarius Duha sebagai Bupati Nisel bersama Forkopimda. Kemudian beliau mengunjungi Mapolres Nisel, dan Mako Lanal Nias.

Kunjungannya di Kabupaten Nisel, Kapoldasu bersama Ibu didampingi oleh Wakapolda bersama Ibu dengan rombongan antara lain Irwasda Kombes Pol Drs. Armia Fahmi, Karoops Kombes Pol Drs Desman Sujaya Tarigan,S.H., Kabid Propam Kombes Pol Donal Simanjuntak, Kabid Tik Kombes Pol Raja Sinambela,S.H., dan Kabid Humas Kombes Pol Hadi Wahyudi,S.I.K.

Kapoldasu, Irjen Pol Drs. R.Z. Panca Putra S.,M.Si., dan rombongan melakukan kunjungan di Desa Cagar Budaya Nasional, Desa Bawomataluo, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nisel. Para tokoh adat dan masyarakat mempersilakan Kapoldasu memasuki rumah adat tradisional (warisan leluhur) di desa tersebut. Kapoldasu didaulat menjadi tamu kerajaan dan makan siang bersama rombongan.

Sebagai sambutan pemerintah dan masyarakat atas kunjungan Kapoldasu bersama ibu dan Wakapoldasu bersama ibu menerima cenderamata dalam bentuk pakaian kebangsawanan yang diserahkan oleh Bupati Nisel, Hilarius Duha bersama Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Yustina Hilarius Duha didampingi Kepala Desa Bawomataluo, Teruna Wau dan para tokoh adat lainnya.

Dalam pengarahan Kapoldasu Irjen Pol Panca Putra mengatakan merasa terhormat dan sangat bangga telah disambut secara adat oleh pemerintah dan masyarakat di Desa Bawomataluo. “Saya bersama Wakapolda Sumatera Utara merasa terhormat dan sangat bangga karena kami diterima secara adat serta diberikan pakaian adat yang dilengkapi dengan perisai dan tongkat. Ini merupakan penghormatan dan penghargaan yang sangat luar biasa,” ujar Irjen Pol Panca Putra.

Melalui penghargaan yang diterimanya, Kapoldasu Irjen Pol Panca Putra merasa bertanggungjawab atas beberapa usulan dan permohonan dari Kepala Desa Bawomataluo yang meliputi penempatan Polisi Pariwisata dan pembentukan Kantor Polsek di Kecamatan Fanayama untuk mendukung keberadaan Desa Cagar Budaya Nasional yang harus dijaga dan dilestarikan.

“Oleh karenanya, untuk mewujudkan usulan tersebut, saya minta kepada Kapolres Nias Selatan untuk menindaklanjuti, sehingga dapat diproses di tingkat Poldasu. Kemudian saya minta kepada Bupati Nias Selatan bersama Kepala Desa Bawomataluo berkenan menyiapkan lahan untuk dijadikan Kantor Polsek di Kecamatan Fanayama, dan selanjutnya akan kami usulkan ke Mabes Polri,” cetus Kapoldasu.

Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan perhatian dari Bapak Kapolda Sumatera Utara. “Kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan 30 ribu vaksin yang disertai dengan tenaga medis dari Poldasu untuk mempercepat pelaksanaan vaksin di Kabupaten Nias Selatan. Ini betu-betul perhatian yang sangat ternilai bagi kami,” ucap Hilarius Duha. (timliputandiskominfonisel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here