MUSRENBANG RPJMD TAHUN 2021-2026 DI NIAS SELATAN TERLAKSANA DENGAN BAIK

1
1429

NIAS SELATAN, Diskominfo – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Nias Selatan terlaksana dengan baik dan sukses. Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Nias Selatan, Jalan Saonigeho Km. 3,5 Teluk Dalam, Rabu (08/09).

Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melaksanakan Musrenbang RPJMD sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017. Untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, dan strategi, serta arah kebijakan terhadap program pembangunan daerah yang telah dirumuskan. Demikian dikatakan Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., saat membuka acara Musrenbang tersebut.

Dalam pelaksanaan Musrenbang itu, Hilarius Duha dalam arahannya mengharapkan masukan dan saran yang positif dari semua pihak untuk menyempurnkan rancangan RPJMD Kabupaten Nias Selatan Tahun 2021-2026, serta menyamakan persepsi terhadap pedoman pembangunan sehingga keserasian yang konsisten antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan daerah.

Sebelum sambutan dan arahan Bupati Nias Selatan telah didahului dengan sambutan dan arahan Gubernur Sumatera Utara yang disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum sekaligus sebagai pelaksana tugas Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara, Dr. Ir. Hasmirizal Lubis,M.Si.

Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan, Elisati Halawa,ST., mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Pemerintah Daerah dan khususnya Bappeda yang telah mempelopori dan melaksanakan Musrenbang dengan baik. Menurut Elisati Halawa melalui sambutannya mengharapkan dalam konsep pembangunan kedepan kiranya dapat dihubungkan dengan sejarah dan letak geografis Kabupaten Nias Selatan.

Acara Musrenbang itu diawali dengan laporan Petrus Gaho selaku Ketua Pelaksana Musrenbang RPJMD Kabupaten Nias Selatan Tahun 2021-2026. Ia mengatakan Musrenbang yang dilaksanakan hari ini merupakan tindak lanjut daripada tahapan-tahapan yang telah dilalui sebelumnya. Namun Musrenbang kali ini dilaksanakan secara tatap muka dan virtual,” ujar Petrus Gaho.

Seusai acara pembukaan dilanjutkan dengan paparan Kepala BPS Kabupaten Nias Selatan, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara, dan Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Nias Selatan, Abdiel Sonasa Amazihono,SSTP.,M.Ec.Dev. Berikutnya pembahasan materi, tanggapan dan penajaman serta kesepakatan terhadap substansi rancangan RPJMD Kabupaten Nias Selatan Tahun 2021-2026.

Hadir pada Musrenbang itu, Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., Wakil Bupati, Firman Giawa,SH.,MH., Ketua DPRD, Elisati Halawa,ST., Wakil Ketua DPRD, Fa’atulo Sarumaha,S.IP.,MM., Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo, dan Kapolres AKBP Reinhard Habonaran Nainggolan,SH.,S.I.K.,MM.

Kajari Nias Selatan diwakili Kasi Intel Satria Dharma Putra Zebua,SH., Dandim 0213/Nias yang diwakili Danramil 12/Teluk Dalam, Mayor Inf. Hatianus Zega, Sekretaris Daerah, Ir. Ikhtiar Duha,MM., Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Perangkat Daerah, dan Camat di lingkungan Pemkab Nias Selatan, serta tamu dan undangan lainnya. (timliputandiskominfonisel)


1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here