KIM Nias Selatan Diharapkan Sebagai Wahana Penyalur Aspirasi Rakyat

,

NIAS SELATAN, Diskominfo – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Nias Selatan diharapkan sebagai wahana penggerak partisipasi aktif masyarakat dalam hal menyampaikan informasi dan penyalur aspirasi rakyat. Selain itu melalui KIM diharapkan dapat terciptanya koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi pengembangan dan pemberdayaan KIM secara terpadu dan berkesinambungan.

Hal ini merupakan sasaran yang akan dicapai dalam sebuah KIM yang dibentuk oleh, dari dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif yang aktivitasnya melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat. Demikian pemaparan narasumber pada sosialisasi pemberdayaan KIM yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Nias Selatan, Jalan Arah Sorake Km. 5 Telukdalam, Kamis lalu.

Dasar hukum pembentukan dan pemberdayaan KIM tersebut adalah amanah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Peraturan Menteri Kominfo (Permenkominfo) Nomor 17 Tahun 2009 tentang Diseminasi Informasi Nasional oleh Pemerintah, Pemda Provinsi dan Pemda Kabupaten/Kota, Permenkominfo Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial, dan Permenkominfo Nomor 22 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Nasional Bidang Komunikasi dan Informasi di Kabupaten/Kota.

Dengan posisi KIM yang strategis dalam diseminasi informasi, maka Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara melaksanakan sosialisasi pembedayaan KIM yang difasilitasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Selatan. Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha, MM. Dengan peserta di antaranya kelompok tani, kelompok seni, Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Kecamatan, Kelompok UKM/Koperasi dan Pegawai Dinas Kominfo Kabupaten Nias Selatan.

Narasumber, Kepala Dinas Komunikasi Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik, Hj. Afini, SE., Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Selatan, Deri Dohude, S.Ag.,MM., dan dari PT. Telkom Provinsi Sumatera Utara Robert Sianturi, dengan moderator John Leonardo Hulu, S.IP selaku Kepala Bidang Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik pada Dinas Kominfo Kabupaten Nias Selatan.

“Peserta yang telah mengikuti sosialisasi, hendaknya mampu membentuk struktur organisasi KIM pada kelompoknya masing-masing, dengan komposisi sebagai berikut: Ketua, Sekretaris, dan Anggota yang diposisikan pada Bidang Pengumpulan Informasi, Bidang Pengelolaan Informasi, Bidang Penyebaran Informasi dan Bidang lainnya. Sebab, Diskominfo Provinsi Sumatera Utara akan mengalokasikan dana kegiatan lanjutan untuk Tahun Anggaran 2018,” harap Afini. (timliputandiskominfonisel)

Ada 0 komentar untuk berita ini



Tinggalkan Komentar


Nama :
Email : Tidak akan diterbitkan
URL : Diawali dengan: http://
Komen :
security image