Rapat Paripurna DPRD Nias Selatan Hasilkan Lima Keputusan

,

         Nias Selatan, HUMAS & PROTOKOL – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nias Selatan (Nisel), Provinsi Sumatera Utara, berhasil menetapkan lima keputusan dalam rapat paripurna yang dilaksanakan di gedung dewan, jalan Saonigeho Km. 3 Telukdalam, Senin (30/01). Kelima keputusan DPRD tersebut adalah Pengesahan Rancangan Peraturan DPRD tentang Kode Etik DPRD, Pengesahan Rancangan Peraturan DPRD tentang Tata Beracara DPRD, Pengesahan hasil Reses DPRD masa persidangan pertama tahun sidang 2016/2017, dan pengesahan program dan kegiatan tahunan alat kelengkapan DPRD, serta Penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kabupaten Nisel Tahun 2017.

         Bupati Nisel dalam sambutannya mengungkapkan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah sebagaimana tercantum Pasal 72 dan Pasal 73 bahwasanya dalam pembicaraan tingkat pertama Bupati diberi kesempatan untuk menyampaikan penjelasan tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda). Melalui penjelasannya menyatakan nama Ranperda, materi pokok yang diatur, status pelaksanaan, penjelasan latar belakang, SKPD pemrakarsa dan keterangan lainnya telah diuraikan melalui surat Bupati Nisel Nomor 180/6201/HK/2016 tanggal 15 November 2016 tentang penyampaian Propemperda tahun 2017 sebanyak 16 Ranperda.

         Hilarius Duha mengharapkan adanya sinergitas antara legislatif dengan eksekutif pada tahapan pembicaraan berikutnya untuk menciptakan kesamaan persepsi dan arah dalam rangka pelaksanaan dan mewujudkan visi misi pemerintah sebagaimana telah direncanakan dan terprogram sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Pada Ranperda yang diajukan pemerintah diharapkan kiranya DPRD Nisel dapat memberikan saran, usulan dan pendapat baik melalui pemandangan maupun melalui inisiatif DPRD sehingga Ranperda yang dihasilkan pada tahun 2017 ini dapat menjawab kebutuhan Perundang-undangan di daerah sesuai dengan batas kewenangan yang telah diatur,” harap Bupati Nisel. 
 

        Rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Sidi Adil Harita,S.Sos.,MA., didampingi Wakil Ketua DPRD Yohana Duha dan Elisati Halawa,ST., serta dihadiri 28 dari 35 Anggota DPRD Nisel. Selain itu, juga dihadiri oleh Bupati Nisel, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH.,para Forkopimda, Plt. Sekda Ir. Ikhtiar Duha,MM., Pimpinan Parpol, Direktur Utama BUMD dan jajarannya, Tokoh Masyarakat, Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nisel dan para undangan lainnya. (ws/fh_timliputanhumasprotokolnisel)

Ada 0 komentar untuk berita ini



Tinggalkan Komentar


Nama :
Email : Tidak akan diterbitkan
URL : Diawali dengan: http://
Komen :
security image