Konflik Di Kecamatan Mazino Diakhiri Dengan Perdamaian Secara Adat

,

Nias Selatan, HUMAS – Konflik antara Desa Bawolahusa dan Bawolahusa Doli-Doli dengan Desa Hilizalo'otano, Hilizalo’otano Laowo, dan Hilizalo’otano Larono, Kecamatan Mazino, Kabupaten Nias Selatan (Nisel), telah diakhiri dengan perdamaian yang dilakukan secara kekeluargaan dan adat istiadat oleh kedua belah pihak, tepatnya pada tanggal 30 Desember 2016. Untuk memperkuat perdamaian tersebut, mereka menandatangani surat perjanjian dalam bentuk berita acara di hadapan FORKOPIMDA Kabupaten Nisel, dilaksanakan di Desa Bawolahusa Kecamatan Mazino, dan masing-masing korban menerima santusan dari Tim.

Perdamaian tersebut, selain niat yang tulus dan ikhlas dari kedua belah pihak, serta wujud perhatian Bupati dan Wakil Bupati Nisel terhadap Kecamatan Mazino, termasuk dengan kepedulian Pimpinan dan Anggota DPRD, Kapolres, Jaksa dan unsur FORKOPIMDA lainnya. Terlebih-lebih dukungan para hamba Tuhan, tokoh adat, tokoh masyarakat dan kaum intelektual di Kecamatan Mazino dan sekitarnya. Sehingga Tim yang dibentuk Pemerintah Daerah dapat bekerja dengan baik dan membuahkan hasil perdamaian.

Bupati Nisel, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., mengungkapkan rasa kebanggaannya terhadap para tokoh, Kepala Desa dan semua pihak yang telah membantu dan mendukung dengan ikhlas proses perdamaian ini sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik. “Sebagai sesama manusia yang diciptakan Tuhan, dan sebagai makhluk sosial sangat membutuhkan orang lain. Apalagi setelah kita merayakan hari kelahiran Yesus Kristus sebagai sang Juruselamat, sehingga marilah kita mewujudkannya dengan berdamai kepada semua orang dan mengampuni sesama,” ujar Hilarius Duha melalui arahannya dan disambut masyarakat dengan mengangguk-nganggukan kepala dengan wajah penuh ceria.

Dalam sambutan kedua tokoh masyarakat Kecamatan Mazino Ama Karveni Zamili (Desa Hilizalo’otano) dan Ama Duhu Laia (Desa Bawolahusa) dengan senada mengucapkan terima kasih kepada Bupati, Wakil Bupati, Pimpinan dan Anggota DPRD serta Kapolres dan Kajari Nisel yang telah memberi perhatian untuk mendamaikan kami pada hari ini. “Kami dari Kecamatan Mazino tidak akan melupakan atas jerih payah dan jasa-jasa Bupati dan Wakil Bupati Nisel dalam menyukseskan pelaksanaan perdamaian ini,” ucap Ama Karveni Zamili.

Selama kurang lebih satu tahun pertikaian terjadi di Kecamatan Mazino, namun dengan hati yang tulus dan ikhlas telah mengakhirinya dengan perdamaian secara kekeluargaan dan adat istiadat. Sehingga dengan perdamaian ini, semoga komunikasi dan interaksi sosial kembali terpulihkan, demi kemajuan Kecamatan Mazino. (ws_timliputanhumasnisel)

Ada 0 komentar untuk berita ini



Tinggalkan Komentar


Nama :
Email : Tidak akan diterbitkan
URL : Diawali dengan: http://
Komen :
security image