Ny. Yustina Hilarius Duha Pimpin Penyuluhan KB Di Somambawa

,

Nias Selatan, HUMAS – Sosialisasi tentang program keluarga berencana (KB) ke beberapa Puskesmas dipimpin secara langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Selatan (Nisel), Ny. Yustina Hilarius Duha. Kagiatan ini menjadi salah satu daya tarik bagi kalangan Ibu Rumah Tangga (IRT) untuk menjadi akseptor KB. Contohnya di Kecamatan Somambawa, Nisel, Senin (19/12), puluhan IRT mendatangi Puskesmas untuk mengikuti layanan KB yang diselenggarakan oleh Dinas P2KBP3A Nisel. Sebelumnya, kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Puskesmas Luahagundre Maniamolo, di Puskesmas Aramo dan di Puskesmas Sidua’ori.

Pemberian penyuluhan dan pemahaman yang disampaikan secara persuasif, serta nada yang penuh rasa kekeluargaan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Nisel membuat para peserta layanan KB tersenyum bahkan mereka tertawa terbahak-bahak. Sebab Ibu itu menghimbau supaya mereka bisa mengikuti program pemerintah yakni 2 (dua) anak cukup. Tetapi ternyata ada banyak di antara mereka yang sudah memiliki 6 (enam) orang anak, bahkan ada yang sudah memiliki sembilan orang anak, meskipun umurnya masih muda.

Salah seorang akseptor KB merasa bangga karena Ketua TP PKK Kabupaten Nisel dapat memberi pemahaman tentang pentingnya manfaat KB bagi seorang ibu. “Yang paling kami senangi lagi dari Ibu ini (Ny. Yustina Hilarius Duha), langsung mendampingi kami pada saat pemasangan KB, sehingga para medis pun lebih ramah melayani,” ujar seorang ibu yang mengaku umurnya masih 31 tahun.

Di Kecamatan Somambawa sebanyak 27 orang IRT menjadi akseptor KB. Penyuluhan dan pelayanan KB di Puskesmas Somambawa, Ny. Yustina Hilarius Duha didampingi Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Nisel, Megawati You,SKM.,MPH, bersama pengurus PKK tingkat Kabupaten Nisel. (ws_timliputanhumasnisel)

Ada 0 komentar untuk berita ini



Tinggalkan Komentar


Nama :
Email : Tidak akan diterbitkan
URL : Diawali dengan: http://
Komen :
security image