Upacara Hari Nusantara Tahun 2016 Di Mako Lanal Nias Penuh Hikmat

,

Nias Selatan, HUMAS – Upacara peringatan hari Nusantara Tahun 2016 di Markas Komandan (Mako) Lanal Nias, Selasa (13/12), terlaksana dengan kondusif dan penuh hikmat. Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Mako Lanal Nias, Jalan Baloho Indah Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara. 
Komandan Lanal Nias Letkol Laut (P) Heri Prihartanto bertindak sebagai inspektur upacara, dan dihadiri oleh Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., para Forkopimda, Plt. Sekretaris Daerah Foarota Laoli,SE.,MH., dan Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Selatan serta para undangan lainnya.
Dalam sambutan Menteri Kelautan dan Perikanan selaku Ketua Dewan Kelautan Indonesia yang dibacakan oleh Komandan Lanal Nias Letkol Laut (P) Heri Prihartanto, menyatakan Peringatan hari nusantara pada tahun ini selain bertujuan mengingatkan kembali tentang jadi diri bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari yang hidup di Negara kepulauan bercirikan nusantara, juga untuk mengubah mindset terhadap ruang hidup dan ruang juang dari matra darat menjadi matra laut, serta meningkatkan pemahaman wawasan kalautan kepada masyarakat dengan maksud mewujudkan Indonesia menjadi Negara maritim yang mampu mengolah potensi sumber daya alam laut bagi kesejahteraan masyarakat, sebagaimana visi pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. 
 “Indonesia sebagai Negara kepulauan yang terbesar di dunia, hampir 75 persen memiliki wilayah adalah kelautan, sehingga memiliki kandungan potensi yang luar biasa seperti ikan, terumbu karang, rumput laut dan hutan bakau. Bahkan memiliki sumber energi yang dapat menjadi alternatif bagi sumber daya di daratan,” imbuhnya. 
Peringatan hari Nusantara Tahun ini diberi tema adalah Tata kelola potensi maritim nusantara yang baik menuju poros maritim dunia. Deklarasi Djoenda dibacakan oleh Inspektur Kabupaten Nias Selatan, Drs. Samolala Lase, selaku mantan koordinator pembentukan Lanal Nias. (timliputanhumasnisel)

Ada 0 komentar untuk berita ini



Tinggalkan Komentar


Nama :
Email : Tidak akan diterbitkan
URL : Diawali dengan: http://
Komen :
security image